MITOS IKAN BELUNGURAN[BAKUT PUTIH]YANG TABU DI KONSUMSI !!

MITOS IKAN BELUNGURAN[BAKUT PUTIH]YANG TABU DI KONSUMSI !!Mitos ikan "Belunguran''yang tabu dimakan ternyata ikan belunguran adalah sejenis dari ikan bakut namun jenis yang agak putih dan berbintik-bintik,sewaktu kecilan kami dahulu sering ikut mencari ikan di sungai Mahakam,atau terkadang kami dengan teman teman menjala atau memancing ikan di pinggiran sungai Mahakam.!! Baca juga tentang  : mitos-larangan-mandi-berendam-setelah makan !

Sebelum tahun 1980an sungai Mahakam masih belum terlalu tercemar seperti sekarang ,sehingga untuk mencari ikan ataupun udang sungai cukup mudah,kalau kita memancing ikan ,tidak berapa laman akan didapatkan.

gambar lustrasi saja
Kembali pada pokok masalah tentang ikan belunguran yang tabu dimakan,awalnya entah dari siapa kabar-kabari ini,dan tentunya asalnya dari turun temurun siapa lagi !,di katakan bahwa ikan belunguran ini adalah asal muasalnya dari buangan kulit vital nya orang sunatan,sehingga apabila mendapatkan ikan ini pertanda sial,dan juga tidak dapat di konsumsi[tabu/larangan],sehingga kami selalu membuang kembali kesungai apabila mendapatkan ikan tersebut . !! Baca juga tentang  :  mitos-sebutir-nasi-menjadi-kutil-atau mata ikan dan mengobatinya !

Namanya juga mitos,dan saat itu memang masih kental dengan nuansa nuansa yang tidak masuk akal ,namun seiring dengan waktu ternyata mitos tersebut,sudah luntur dan lama kelamaan hilang,seiring dengan pergantian generasi selanjutnya,termasuk kami kami,seiring dengan waktu ,akhirnya tidak lagi mengindahkan mitos tersebut.

Kini ikan jenis bakut putih tersebut malah termasuk mahal harganya ,dan sekarang sudah sulit untuk mendapatkannya,juga ternyata begitu di santap gurih sekali dagingnya,dan memang tidak dilarang untuk mengkonsumsi ikan belunguran tersebut,itulah bila mitos menjadi sebuah aturan sehingga ikan yang seharusnya menjadi sumber protein malah dilarang untuk dikonsumsi.[terkecuali memang di haramkan]
Demikian dan semoga ada manfaatnya salam blogger.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger