KEKURANGAN DAN KELEBIHAN SYSTEM MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN TELEVISI !

KEKURANGAN DAN KELEBIHAN SYSTEM MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN TELEVISI !Salah satu alat pembelajaran atau media untuk pembelajaran adalah media''Televisi''mungkin mash ingat dlu kita mengenal yang namanya TPI[Televis Pendidikan Indonesia],sebenarnya itu sudah bagus tinggal penyempurnaan saja lagi,namun sayang ,tidak berapa lama bertahan hilang,atau ungkin berganti baju dengan nama yang lain.!! Baca juga tentang  : apa-itu-tingkat-kesulitan-belajar Learning Disfunction ??


Media pembelajaran melalui televisi sebenarnya cukup efektif dan mempunyai beberapa kelebihan untuk diterapkan kepada siswa karena :

-Mampu berikan infromasi dan penjelasan yang merata ke seluruh pelosok yang dapat di jangkaunya.
-Sangat efektif untuk menjelaskan suatu hal ,utama dalam pengulasan pelajaran.

-Memberikan kesan yang mendalam karena melihat secara visual,bukan saja dengan cerita narasi.
-Informasi pesan selalu dapat di update,sesuai dengan kepentingan siswa.

-Dapat mengatasi keterbatasan ruangan ,dan waktu,,fleksibel.
Namun juga di balik kelebihan dari media pembelajaran dengan Televisi ini ,juga ada beberapa kelemahannya antara lain  :

-Tergantung dengan perangkat lainnya,dan saling terkait satu sama lainnya,misalnya salah satu perangkat saja error maka semuanya akan terganggu penyiarannya.
-Lalu sifatnya hanya satu arah,saja yaitu siswa hanya menjadi penonton,misalnya dibutuhkan media interaktif,tentu akan menambah biaya lagi,baik siswa yang menghubungi atau yang dihubungi,dan tidak selalu efektif,dapat saja ada gangguan telekomunikasi dll.

-Gambar yang ditampilkan tergantung dengan media penerima,dan resolusi gambar juga terkadang tidak sesuai standart visual.
-Kemudian program yang sudah lewat tayang tidak dapat diulang ,sesuai keinginan ,dan juga evaluasi,mengenai tingkat keberhasilan sulit untuk dimonitor,,!!  Baca juga tentang  : DALAM EVALUASI COBA SESEKALI SISWA KITA MENILAI HASIL KERJANYA SENDIRI !

Itulah kira kira beberapa faktor positif dan negatif media pembelajaran ,melalui televisi,namun tetap menjadi sebuah alternatif yang baik,sebagai penyela,sehingga paa siswa juga ada semacam yang ditunggu tunggu,dalam program acara televisi,tidak semata hiburan,dan demikian semoga ada manfaatnya,salam blogger.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger