HINDARI PEMAKAIAN KALIMAT AMBIGU DALAM PEMBUATAN LAPORAN ILMIAH !

HINDARI PEMAKAIAN KALIMAT AMBIGU DALAM PEMBUATAN LAPORAN ILMIAH !Ada salah satu hal yang harus kita hindari didalam membuat laporan penelitian seperti skripsi,Tesis atau disertasi atau juga laporan seperti makalah dll,kita mengenal istilah kalimat yang namanya kalimat''Ambigu''.Kalimat ambigu artinya adalah :kalimat yang bermakna ganda ,dan kalau kita pakai didalam membuat laporan penelitian akan menjadi tidak efektif.

Mengapa didalam membuat laporan penelitian kita tidak boleh memakai kalimat ambigu tadi karena akan membuat sebuah kalimat tersebut menjadi bias,dan banyak arti dan akan membuat pengetian lain,sementara di dalam kalimat jenis laporan penelitian harus tegas ,satu kalimat kalau dapat satu pengertian saja,nah didalam pemakaian kalimat ambigu ini akan menjadi beberapa arti.

Salah satu contoh kalimat ambigu misalnya begini  :Oleh karenanya harus diarahkan pada pengembangan potensi yanga ada pada anak sesuai dengan fitrahnya,agar dapat menyumbangkan kemampuannya,untuk pengembangan dirinya,masyarkat dan negaranya,serta kehidupan manusia pada umumnya.,dalam proses pengembangan tersebut diperlukan beberapa prasarat; antara lain :sarana dan prasarana penunjang pendidikan lingkungan masyarakat yangdapat memberi kesempatan untuk dapat mengembangkan dirinya;sistem manajemen pendidikan yang baik,dan tenaga pendidik yang berkualitas.

Mengapa jadi ambigu ? ,kalimat ambigunya terdapat pada kalimat pertama contoh  diatas karena menggunakan kata ganti sebagai penanda kohesi[cohesive device]yang tidak runtut.selain itu seluruh isi paragraf mengandung kesalahan mekanik,sebagai mana pada kesalahan kesalahan pada kutipan kutipan sebelumnya,dan juga penggunaan ejaan yang tidak baku pada kalimat tersebut,misalnya ada kata ''prasarat '' seharusnya''prasyarat''  !! Baca juga tentang  : SEKILAS TENTANG ISTILAH KEWARGANEGARAAN SESEORANG !!

Selain itu kalimat kalimat ambigu tadi yang juga perlu dihindari dalam pembuatan laporan penelitian adalah penggunaan kata kata yang tidak baku,dimana sering sekali di temukan didalam pembuatan laporan ilmiah ataupun laporan yang sifatnya formal.

Demikian dan semoga info sekilas ini ada manfaatnya untuk kita sekalian,salam blogger !

Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger