BUNGA TIGARON DAN KALANGKALA MENU ASLI SUKU BANJAR KALIMANTAN

BUNGA TIGARON DAN KALANGKALA  MENU ASLI SUKU BANJAR KALIMANTAN Sewaktu kecilan saya dulu kebetulan di samping rumah kami ada tumbuh pohon ''Tigaron''kalau dalam bahasa Latin disebut  Crataeva nurvala Buch,tetapi pohon itu sudah lama hilang dan di kampung saya satu satunya,sangat disayangkan memang si pohon langka ini mati karena musim kemarau yang menimpa Kalimantan Timur sekitar tahun 1980 an yang lampau.

Inilah menu menu asyik jaman dulu,yang kini memang agak suli mencarinya karena memang pohonnya agak sulit menenmukannya,dan akiat dari kemarau panjang sehigga banyak pohon pohon yang terbakar dahulunya.

Bunga Tigaron
buah Kalangkala
Apa manfaatnya  :Pohon Tigaron bunganya dapat dimakan juga daunnya yang masih muda ,rasanya sangat pahit mungkin lebih pahit dari buah pare[peria],agar tidak terlalu pahit caranya :siram dengan air panas tambah garam secukup nya , rendam dengan air garam tadi,dan untuk memakannya tinggal di cocolkan pada sambel,seperti kita makan pucuk daun pepaya atau pucuk daun singkong,selain enak dilahap sebagai sayur,juga banyak manfaatnya karena rasanya pahit tadi.[kalau dalam bahasa daerah kami namanya ''Jaruk Tigaron''.
Manfaat secara spesifik bunga tigaron tentu belum ada yang menelitinya,akan tetapi karena sangat pahit[lebih pahit daripada daun pepaya atau paria[pare],mungkin seimbang dengan ''brotowali[akar sampai],maka manfaatnya kurang lebih dengan brotowali ini,yaitu,dapat mengurangi kadar gula dalam darah[diabetes]dll.



Lalu ada lagi yang namanya pohonKalangkala[(Litsea garciae] buahnya kalau mentah masih hijau dan bila matang warnanya merah menyala besar nya seperti buah Anggur tetapi berkelopak seperti buah terong,kalau rasanya kalau menurut saya ,agak mirip dengan buah ''Alpukat''warnanya dagingnya juga hampir sama buah alpukat,tinggal di rendam dengan air panas sudah matang dan siap dimakan cocok untuk teman makan ,sedap sekali.!! Baca juga tentang  : SAMBEL JAUNG PLUS UDANG BAKAR BIKIN SELERA MAK NYUSS !!
Demikian dan semoga ada manfaatnya,salam blogger.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

2 komentar

http://jogjakarta2011.blogspot.co.id/2005/01/makan-siang-kali-ini-khas-banjar.html?m=1

Kalau di rendam selama 3 hari rasa pahit hilang, pasti nya nyaman maknyus langka penuh sensasi ini kami dari Kutai Kartanegara namanya kembang TEGARON (asal kata Tenggarong?).

Balas

http://jogjakarta2011.blogspot.co.id/2005/01/makan-siang-kali-ini-khas-banjar.html?m=1

Kalau di rendam selama 3 hari rasa pahit hilang, pasti nya nyaman maknyus langka penuh sensasi ini kami dari Kutai Kartanegara namanya kembang TEGARON (asal kata Tenggarong?).

Balas

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger