BEBERAPA ASPEK KOMPETENSI GURU ATAU PENDIDIK YANG HARUS DIMILIKI !

BEBERAPA ASPEK KOMPETENSI GURU ATAU PENDIDIK YANG HARUS DIMILIKI !
Guru adalah digugu dan dan ditiru kata kata pilsafat ini memang mengandung arti yang sangat luas dan penuh makna,tidak hanya sebatas publik figur di mata anak didik namun dimata masyarakat,sedikit saja seorang guru/pendidik berbuat sesuatu hal yang dianggap negatif maka seolah olah dunia  mau kiamat,nampaknya!!.Baca juga tentang  : SEPULUH MASALAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN UNTUK SISWA YANG HARUS DI KETAHUI GURU

 D isini ada  beberapa aspek kompetensi guru yang harus di kuasai dan di fahami antara lain   :

-Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan serta isyarat secara efektif,utama untuk proses pembelajaran yang ia laksanakan tentunya.!! Baca juga tentang  : APA YANG INGIN DI CAPAI DALAM PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP SEKOLAH !


-Mampu menggunakan tekonology komunikasi dan informasi untuk kepentingan proses pembelajaran,serta pengembangan profesionalisme dalam peningkatan kinerja/etos kerja.

-Mampu menempatkan diri secara proporsional diantara rekan kerja serta  peningkatan hubungan sosial  sesama rekan satu profesi,didalam upaya meningkatkan rasa kekeluargaan.

-Mampu menghargai keberadaan orang lain,secara wajar baik dalam lingkungan pekerjaannya sebagai pendidik serta di lingkungan masyarakat sebagai warga.

-Mampu bergaul dan bersosial hubungan kemasyarakatan  terhadap rekan kerja.anak didik,orang tua/wali murid.lingkungan sekolah dan masyarakat laiinya.

-Mampu dan tanggap serta mempunyai kepekaan sosial kemasyarakatan terhadap sesama dalam pergaulan/berkehidupan di masyarakat.

-Mampu menjadi nara sumber bilamana di perlukan utama dalam pendidikan di dalam membantu pemerintah untuk informasi mengenai dunia pendidikan.

Itulah beberapa kompetensi yang hendaknya dimiliki oleh seorang guru atau pendidik,karena guru adalah ujung tombak paling depan di dalam pembangunan  sumber daya manusia  anak bangsa sehingga kita tidak dapat lepas dari sebuah tanggung jawab tersebut.

Demikian sekilas celoteh pinggiran dan semoga ada manfaatnya untuk kita sekalian,salam blogger !!
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

2 komentar

Yang paling penting nomor satu itu Gan, juga kepekaan terhadap siswanya. Terimakasih artikelnya.

Balas

terima kasih gan,,,ya tentu kepekaan terhadap perkembangan peserta didik kita harus di perhatikan,salam ,trims dah mampir gan !

Balas

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger