ASAL MULANYA GABUS DAN TANAMAN POHON EK SEBAGAI PENGHASIL GABUS !

  ASAL MULANYA GABUS DAN TANAMAN POHON EK SEBAGAI PENGHASIL GABUS !Kita sering mendengar istilah''Gabus''bukan !,secara umum pengertian gabus adalah lapisan kedap air,dahulu sebelum ditemukannya gabus sintetis,gabus berasal dari tumbuhan pohon bagian luar sebelum keluarnya kulit kayu.

Apa saja kegunaan gabus?biasanya gabus digunakan untuk penutup /sumbat termos/ botol,baju pelampung,peredam suara,juga Linoleum yang terbuat dari gabus,dll yang memakai gabus sebagai bahannya,dahulu di sekitar laut Tengah banyak tumbuh tanaman pohon ''Ek''daunnya selalu hijau dan banyak di budidayakan di sekitar Spanyol,Portugal,prancis,Italia dan beberapa bagian Afrika utara.!! Baca juga tentang  :SEKILAS DENGAN PERKEMBANGAN KUNCI ATAU GEMBOK !! 

Selain dari pohon Ek,dapat juga Gabus dari pohon lainnya
Pohon Ek,mempunyai ciri khas yaitu mempunyai kulit luar yang empuk dan tebal dan batangnya sebagian berbentuk gabus,dan sudah dapat diambil gabusnya bila sudah berumur sekitar 15 tahun,gabusnya kasar dan agak kesat biasanya digunakan campuran bahan penyamakan kulit dan membuat papan dari gabus.!! Baca juga tentang  : NASIB KOTA KOTA TAMBANG AKAN BERAKHIR SEPERTI KOTA HANTU

Sejak mulai panen/pemotongan pertama,pohon Ek tadi dapat diambil lagi gabusnya ,setiap sepuluh tahun sekali hingg dua puluh tahun ,dengan jangka waktu tersebut biasanya gabus yang dihasilkan sangat berkualitas tinggi,dibanding saat di panen terlalu cepat.

Pohon Ek ini akan terus menghasilkan gabus,dan mampu bertahan hidup hingga 150 tahun lamanya dengan sekian puluh kali panen,dan gabus dari pohon Ek memang terkenal mutunya sangat tinggi.
Demikian sekilas dengan istilah gabus dan pohon Ek sebagai tanaman penghasil gabus,dan mudahan manfaat info sekilas ini,untuk kita sekalian salam .!! Baca juga tentang   : TELITI DALAM MEMBELI BUAH BUAHAN SIAPA TAU PAKAI PENGAWET FORMALIN !

Cat :kalau kami dahulu membuat gabus dari akar pohon Rambai air,akarnya mencuat ke atas ,juga sama sangat ringan dan timbul di air.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger