APAKAH MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI RADIO MASIH DI PERLUKAN ??

APAKAH MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI RADIO MASIH DI PERLUKAN ??Sewaktu kami masih sekolah dasar dahulu,media pembelajaran lewat media Radio sangat digemari sekali oleh kalangan pedesaan,maklum waktu itu radio adalah satu satunya media yang di pancarkan lewat udara,dan  biasanya di tempat kami disiarkan oleh stasiun radio RRI lokal.

Biasanya setiap pagi sekitar jam 9,radio pendidikan mulai mengudara,dan kelas kelas yang memang ada giliran untuk medengarkan siaran tersebut sudah bersiap siap di meja masing masing,dan seorang kelas yang ikut untuk medengarkan dari penjelasan para tutor/guru guru yang memang di tugaskan oleh fihak pemerintah untuk memberikan penjelasan dengan mata pelajaran terkait .!! Baca juga tentang : SEKILAS TENTANG ISTILAH KEWARGANEGARAAN SESEORANG !!

Kalau kita berbicara tentang beberapa kelebihan media pembelajaran denga radio antara lain  :
-Relatif murah biaya operesional penyiaran programnya.
-Jangkauan yang sangat luas hingga kepelosok daerah daerah terpencil,terkadang masih dapat di tangkap siaran radio pendidikan tersebut.
-Dapat memusatkan perhatian siswa terhadap sesuatu yang diajarkan saat itu,dan anak anak fokus pada pendengaran,sambil mencatat apa yang mereka dengar,sehingga untuk pelajaran bahasa sangat cocok digunakan media radio ini.
-Mampu untuk mengembangkan imagi siswa [pengembangan daya imajinasi]terhadap suatu pelajaran.
-Memiliki banyak variasi, sehingga mudah didalam penyampaiannya walau hanya dapat dilakukan satu arah yaitu siswa mejadi pendegar.
-Mudah dalam mobilitas,atau lebih praktis misal untuk dipindah-pindah ketempat lainnya.

Dari beberapa kelebihannya namun juga ada kelemahannya  antara lain  :
-Seperti program televisi,ia hanya sifatnya selintas dan tidak dapat di ulangi,karena sudah ter jadwal serta ada waktu waktu tertentu,sehingga apabila lewat,berarti ketinggalan.
-Sifatnya hanya satu arah,sehingga siswa hanya menjadi pendengar pasif.
-Apabila si penyampai/tutor yang di tugaskan tidak menguasai analog dan intonasi kalimat ,maka akan membosankan bagi siswa yang mendengarkannya
-Siswa yang mengalami gangguan pisik utama pendengaran akan susah,untuk mengikuti acara pembelajaran melalui radio ini.

Untuk wilayah seperti negeri kita yang sangat luas dan terpencar ini,media pendidikan melalui radio masih cukup relevan sebenarnya untuk di berdayakan ,mengingat media audio visual lainnya masih barang mahal,apalagi media internet!
Demikian dan semoga ada manfaatnya walau hanya info sekilas,salam blogger !
Baca juga tentang   : KEKURANGAN DAN KELEBIHAN SYSTEM MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN TELEVISI !
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger