SEKILAS DENGAN PERKEMBANGAN PERENCANAAN PENDIDIKAN !!

Setiap insan pendidik entah itu Guru,Dosen,atau para penyelenggara pendidikan lainnya akan mengenal dengan yang namanya''Perencanaan pendidikan''atau Educational Planning,yang fungsinya sangat penting sekali untuk suksesnya sebuah kegiatan belajar mengajar tersebut.

Apa yang dimaksud dengan perencanaan pendidikan tersebut ?:Perencanaan pendidikan adalah sesuatu hal yang berkaitan dengan kegiatan pendidikan,pengajaran baik yang sifatnya  materi ataupun non materi agar apa yang direncanakan dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya.
Sejarah awal tentang adanya ''Perencanaan pendidikan''sebenarnya 2500 tahun yang lampau cikal bakal yang disebut dengan perencanaan pendidikan ini sudah ada,jadi perencanaan pendidikan yang sekarang ini adalah sebuah mata rantai yang tak pernah putus dengan masa lampau tesebut. 

''Dengan perencanaan Pendidikan maka Guru akan ada pedoman''
Didalam arsip''Lecedaemonian Constitution'' Xenephon telah bercerita tentang bagaimana orang orang Sparta telah merencanakan pendidikan dengan baik,yitu tujuan pendidikan mereka utama bertujuan membentuk pribadi pribadi yang kokoh,misalnya dalam pendidikan Militer,lalu ada pendidikan Ekonomi dan Sosial keamsyarakatan,dll.

Kemudian juga Plato,didalam konsep terkenalnya''Republik''telah memuat tentang rencana pendidikan untuk memenuhi kebutuhan negara bagi calon pemimpin,jadi istilah nya sekolah tentang calon kepemimpinan negara,untuk memenuhi kebutuhan Athena kala itu dan hingga kini konsep konsep itu masih relevan ,dihampir seluruh negara didunia ini mempunyai sekolah jenis tersebut termasuk negara kita.

Dijaman imperium bangsa Inka[Inca]di Peru Amerika Selatan,dan juga di jaman dinasty''Han''di Tiongkok,juga mereka mempunyai tujuan tujuan terhadap perencanaan pendidikan terhadap warganya atau rakyatnya.

Dengan adanya contoh contoh di jaman kuno tersebut,ini menunjukan betapa pentingnya sebuah perencanaan pendidikan terhadap suksesnya pendidikan suatu bangsa dan tentunya sebuah hasil yang ingin dicapai.

Lalu para pemikir dalam dunia pendidikan berpendapat bahwa perencanaan pendidikan sangat erat kaitannya dengan pendidikan itu sendiri,karena''Pendidikan adalah suatu alat yang sangat kuat,untuk mencapai perubahan serta untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik''
Itulah sekilas tentang awal dan manfaat rencana pendidikan,dan benang merahnya terhadap suksesnya sebuah pendidikan,demikian dan semoga manfaat untuk kita sekalian.

Cat sumber bacaan dari buku :What is Educational Planning,[By_ Philip.H.Coombs]

Baca juga tentang   : Pembagian karakter manusia dengan menurut cairan di tubuhnya !!
 
Baca juga tentang   : jangan-mudah-memvonis-anak-didik-kita Bodoh !
 

Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger