SEKILAS DENGAN ANAK HIPERAKTIF DAN HIPERPASIF!

SEKILAS DENGAN ANAK HIPERAKTIF DAN HIPERPASIF!Kita sering menemukan anak yang kesulitan belajar karena ia terlalu aktif atau mungkin juga terlalu pasif,salah satu yang  membuat faktor anak kurang konsentrasi belajar karena adanya gangguan yang namanya''hyperaktifitas''dengan adanya gangguan ini anak anak biasanya tidak dapt mengontrol dirinya dalam hal aktifitas gerakan motoriknya.

Menyebabkan akan berpengaruh dialam kegiatan belajar anak tersebut,sehingga ia tidak mampu dalam berkonsentrasi di saat belajar dan ini tentunya akan menyebakan kemunduran didalam menerima pelajaran.

Biasanya anak anak yang punya ''hyperkatifitas''apabila kita berikan suatu tugas atau pekerjaan ,misalnya menggambar,belum selesai ia menggambar dia sudah loncat lagi belajar Matematika sementara pelajaran menggambarnya tidak dihiraukannya,dan terus berlanjut ke hal lainnya misalnya mengganggu teman temanya,seolah-olah ia sudah menyelesaikan tugas.

Lalu adakalanya kita juga menemukan anak didik kita/anak kita yang punya sifat kebalikan dari hyperaktif yaitu hyperpasif atau sangat pendiam,tentu hal ini juga sangat membingungkan karena si Guru akan serba salah apa yang harus di lakukan,kemudian juga Guru akan sulit menebak apakah si anak mengerti atau belum mengerti,biasanya anak ini akan ''minder''apabila disuruh menyanyi,atau hal hal lainnya bila menyangkut sebuah aktifitas.!! Baca juga tentang  : apakah-kerja-kelompok-itu-bermanfaat bagi siswa dan Guru ?

Nah tugas guru/orang tua adalah memperhatikan anaknya yang lebih spesial dari anak anak lainnya,mereka dapat disembuhkan dengan penanganan yang telaten dan tidak perlu dibawa ke Psikiater anak,kecuali ada kelainan psikologis lainnya,yang mengharuskan ada penanganan ahlinya.
Demikian sekilas dengan anak anak yang mempunyai sifat hyperaktif  atau sebaliknya hyperpasif  dan semoga ada manfaatnya !

Cat  :Untuk penanganan di sekolah anak anak yang mempunyai sifat tersebut dapat di kelompokan didalam kelompok anak anak yang mengalami kesulitan belajar,jadi tidak perlu disekolahkan pada sekolah khusus karena bukan kelainan jiwa atau kelainan pisik !
Baca juga tentang   : masih-pentingkah-tes-lisan-bagi-siswa. ?
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger