SALAHKAH BILA ISI POSTING KITA ADA KEMIRIPAN DENGAN ORANG LAIN ?

Beberapa waktu yang lalu saya sempat membuat posting tentang mengapa terjadi kesamaan dalam ide atau pemikiran sehingga saat sebuah pemikiran itu dijadikan bentuk tulisan,lalu kemudian di publish entah itu di media cetak atau media online[internet] dan posting ini berawal dari saat saya membaca postingan sahabat blogger di katabah.com.

Awalnya memang saya juga tidak terlalu memperhatikan hal ini,dan tidak terlalu mempermasalahkannya ,dan memang tidak perlu di permasalahkan sebenarnya terkecuali kesamaan itu telah melanggar aturan aturan yang berlaku pada dunia publikasi atau melanggar TOS yang telah digariskan si pembuat aturan !


Untuk sedikit membuktikan tentang apa yang telah di posting katabah.com meengenai posting di dunia maya hanya seputar itu itu saja[bahasa saya],maka saya mencoba untuk blogwalking/surfing pada web/blog orang orang luar dulu,agar lebih mudah mencari kata kunci dalam pencarian saya menggunakan  kata Adsense for blog 2009,dan muncul daftar pencarian Sekitar 1.490.000 hasil (0,42 detik),kemudian saya coba lagi cari dengan kata   kunci Adsense for blog 2014,dan muncul sekitar 3.630.000 hasil (0,39 detik),mari kita lihat selisih angkanya yang hampir 2 jutaan lebih banyak dari tahun 2009,,,sedangkan topik yang dibahas  hampir sama saja seputar trik,cara,bagaimana,mengapa,supaya,agar ,dll ,yang membedakan  hanya ,pada tata cara penulisan,tata kalimat yang dipakai,dan kemudian di poles dengan elemen hasil pemikiran sendiri,di beberapa paragrafnya.

Apakah hal itu salah atau melanggar aturan ? jawabannya tentu tidak!,karena semua itu memang harus berkembang dan terus berkembang,dan  yang tidak tepat itu  justru kalau tidak ada perkembangan,misal dari tahun 2009 ,angka pencariannya begitu saja[stagnan].!! Baca juga tentang : menjadi-raja-kucing-itu-lebih-baik daripada jadi ekor Harimau !!

Jadi menurut hemat saya atau simpulannya :semakin banyak kata kunci yang kita tulis itu muncul di pencarian artinya semakin banyak juga orang menulis dan membuat content sejenis tersebut,dan semakin besar pula dampak kesamaan kontent/posting yang di tulis atau dibuat dan ini tidak dapat dihindari.

Contoh kecil sekitar 1 minggu yang  lalu saya telah menulis posting tentang sekilas mega sinetron King Sulaiman,saya pun juga dapat info dari comot-mencomot dan saya tambah dengan tulisan nuansa sejarah negera Turki nya,saat saya menulis tersebut pada angka pencarian dalam bahasa Indonesia,masih terbilang angkanya kecil,namun setelah seminggu kemudian angka tersebut telah menggelembung luar biasa,sedangan isi postingannya ,yaa seputar sinetron King Sulaiman itu juga[hampir serupa saja dengan isi posting saya sebelumnya,dan isi posting sayapun juga hampir serupa dengan posting sebelum saya],ahaha!.,,itulah informasi dan sifat sebuah informasi memang sudah begitu adanya !.

Jadi kita tidak perlu heran kalau banyak kesamaan isi content pada web/blog di dunia maya ini,misalnya,anda buka web/blog nya orang bule tentang Adsense,,kemudian kita buka lagi web/blognya orang Pribumi,juga topiknya hampir sama saja,bukan !. jadi memang tidak dapat dihindari tentang kesamaan pola fikir dalam pengolahan sebuah content  tersebut [di luar copas lho].
Demikian dan semoga ada manfaatnya corat coret newbie ini,salam blogger,dan semoga sukses untuk blogger Indonesia !.

Baca juga   :SALAH SATU CARA AGAR BLOG RAMAI PENGUNJUNG BUAT KATAGORI TENTANG KIAT !
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

2 komentar

He..he..ada blogku di sini, jadi malu Mas..... :)

Iya saya setuju kemiripan itu boleh-boleh saja dan mungkin itu bagus, barangkali saja lebih mudah dipahami meskipun isinya sama.

Yang saya tidak setuju itu antara lain:
1. Ngaku 100% original tulisan baru kita, padahal sebagian hasil comot.
2. Kita dengan membusungkan dada melarang copy-paste dengan nada garang karena merasa artikelnya hasil sendiri, padahal ia juga lirik sana lirik sini ke artikel orang lain.

Jadi, sedang-sedang saja ya Mas.... :)

Balas

ahaaa,,,iya kang Komar,,,artinya begini :ada beberapa hal yang harus /mau tidak mau kita harus melakukan copas,atau harus sesuai dengan sumber utama ,misal saat membuat posting tentang bidang kelimuan yg sifatnya formal,misal biografi,sejarah biology,bahasa dll
misalnya nama nama kota ,negara ,orang dll...atau tahun kejadian,,,,!trims dah mampir salam ,

Balas

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger