MITOS ATAU LEGENDA SI KADUT KARUN YANG DAPAT ORANG KAYA MENDADAK !!

Kita pernah mendengar cerita tentang seorang miskin yang tiba tiba menjadi kaya,yang namanya ''Qorun''atau qarun,dan mungkin juga asal asal muasal kata''harta Karun''ini juga mengambil dari kisah saudagar Qorun yang durhaka pada nikmat Allah tersebut.

Didaerah kami utama di Kalimantan Timur,ada cerita semacam legenda turun-temurun yang di ceritakan oleh para orang tua dahulu yang hingga kini masih kami ingat,walaupun cerita tersebut telah sangat lama berlalu,yaitu tentang cerita ''kadut karun''[kadut bahasa daerah artinya :tempat benda, biasanya diartikan tempat kumpulan],jadi kalau kita artikan secara harfiah,adalah ''tempat harta karun''.!! Baca juga tentang   : mitos-larangan-seputar-menjelang-hari hari Pernikahan dan Perkawinan !

Lalu bagaimana cara mendapatkan si kadut karun ini?saya tidak tahu pasti namun yang saya dengar saat itu adalah orang orang yang memang punya keberuntungan saja,dan tempat si kadut karun menurut ceritanya lebih pada kebanyakan di daerah dataran tinggi,semacam bukit bukit kecil di tengah hutan atau di tempat tempat yang agak sepi dari keramaian manusia.!! Baca juga tentang  : mitos-larangan-membakar-terasi di tengah hutan akan mengundang Siluman !!

Kemudian anda pasti penasaran apa saja isi si kadut karun ini ?menurut ceritanya di dalam kadut karun yang bentuknya seperti guling itu adalah,koin koin emas [uang kuno] dari berbagai zaman masa lampau yang telah terkumpul dan di lakukan oleh para mahluk mahluk astral[gaib],dalam bahasa daerah dikenal sebutan''urang gaib''.[orang gaib].

Lalu pernahkah ada yang dapat ?,,katanya orang orang tua dulu,walau dapatpun si yang beruntung tadi   tidak boleh menceritakannya kepada siapa pun,ini masalahnya,sehingga tidak dapat dibuktikan secara pisik,namun paling paling mungkin hanya ,koq tiba tiba si A kaya mendadak itu saja,padahal ia cuma bekerja biasa/tidak ada pekerjaan,warisan tidak punya,berjudi tidak pernah,atau melakukan ritual ritual untuk hal kekayaan juga tidak pernah,apalagi punya tuyul.,,dapat PO dari GA apalagi karena ia gaptek,ahaha!.

Itulah sekilas legenda si kadut karun yang penuh misteri,makanya orang menyebutnya dapat kadut karun atau ''harta karun'',namun bedanya kalau harta karun biasanya pakai peti besi [semacam brankas dan dicari ],nah kalau si kadut karun justru dari semacam kain yang sangat usang berbentuk guling,katanya orang tua tua dulu,dan ia akan menggelinding turun dari perbukitan,dan akan ditemukan/mendekati kepada orang yang lagi beruntung tadi.[jadi si kadut karun sendiri yang mendekati pada orang tersebut].
Demikian sekilas cerita mitos/legenda,anak kampung,dan semoga ada manfaatnya.salam.
Baca juga tentang   : mitos-pohon-kariwaya-tempat-singgah para mahluk gaib !!




Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger