MASIH PENTINGKAH TES LISAN BAGI SISWA KITA ?

MASIH PENTINGKAH TES LISAN BAGI SISWA KITA ?-Dulu waktu saya masih sekolah di Sekolah Dasar dan SMP,serta SMU,guru guru saya selalu tidak lupa dalam mengadakan tes ''lisan''dalam berbagai ilmu dan pelajaran,misalnya menyuruh siswanya maju kemudian menghafalkan perkalian,atau ibukota negara negara di dunia,atau yang paling kami sukai dulu adalah pelajaran''Ilmu bumi'''sekarang namanya Geografi,apabila Guru memberikan tugas dengan menujukan kota kota dll,pada sebuah peta buta[peta yang hanya gambarnya saja].

Jaman sekarang kalau saya perhatikan jarang sekali hal ini dilakukan,memang ada juga sebagian  guru guru yang masih melakukan evaluasi lisan ini,dan menjadikan nya sebuah standart penilian sebelum test tertulis dll.

Mengapa test lisan itu penting ?selain untuk mengasah motorik siswa,juga dengan tes lisan guru langsung mengetahui secara personal terhadap siswanya,baik dari segi ,pengetahuannya,pemahamannya dari segi tata bahasanya dan penulisannya,kenapa tulisan juga penting karena guru harus mengetahui tingkat ketrampilan menulis siswanya,banyak diantara murid murid kita yang mengalami''Dislexia''atau kemampuan menulis buruk,dan ini dapat kita ketahui,dengan menyuruh siswa menuliskan sesuatu di depan papan tulis,karena kalau kita menilai tulisan langsung saat  ada tugas atau evaluasi tertulis,tidak terlalu valid,dapat saja si siswa minta tuliskan dengan temannya.

Kemudian dengan test lisan berbicara guru juga dapat menilai secara langsung tentang pemahamannya dengan sebuah bidang pelajaran,misalnya si siswa kita tes dengan keterampilan menyampaikan sesuatu dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.!! Juga baca tentang  :DALAM EVALUASI COBA SESEKALI SISWA KITA MENILAI HASIL KERJANYA SENDIRI !

Juga dengan tes lisan guru dapat mengetahui tingkat kecerdasan anak didik secara langsung,dan sekali lagi tentu lebih valid daripada tes tertulis,karena saat mereka berdiri di depan teman temannya,siswa tidak dapat melakukan kecurangan,dan akhirnya ia akan mengeluarkan kemampuannya sendiri,dalam menjawab sebuah pertanyaan Gurunya.

Jadi simpulannya test lisan masih sangat penting untuk di lakukan seorang pendidik ,walaupun ini sebuah metode kuno,namun masih sangat relevan untuk penilaian secara motorik terhadap siswa kita.
Demikian dan semoga manfaat walau hanya sebuah coretan kecil dari,al fakir,salam !

Baca juga tentang   : Apa-pengertian-dari-definisi-portopolio ?
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger