GIBRALTAR SEBUAH NEGERI UNIK YANG INDAH !!

GIBRALTAR SEBUAH NEGERI UNIK YANG INDAH !!Sewaktu masih sekolah dasar dulu saya selalu tertarik dengan yang namanya ''Ilmu Bumi''atau kalau sekarang disebut''Geografi''  salah satunya adalah''Gibraltar''negeri sangat kecil dan sebagian wilayahnya adalah gunung gunung kapur dan banyak terdapat gua gua kapur yang sangat indah dan menakjubkan pemandangannya,dan Gibraltar ini seperti setengah pulau namun juga ada semacam alur daratan yang sempit dan terhubung dengan negara Spanyol.

Alur sepanjang sekitar 3 km ini,landasan dibangun hingga ke laut,,dan juga terhubung dengan selat Gibraltar dimana jalan satu satunya,yang menghubungkan antara laut Tengan dengan samudera Atlantik,wilayah ini memang sangat strategis,tak heran jadi rebutan beberapa negara lainnya.

Raja koloni dunia ''Inggris''pernah merebut Gibraltar ini dari tangan Spanyol,setelah pertempuran sengit ditahun 1704,dan sejak saat itu wilayah Gibraltar menjadi jajahan Inggris Raya,dan anehnya Spanyol tidak pernah merasa kehilangan wilayah ini.

Gibraltar City [photo :ds-lands.com]
Keadaan wilayahnya memang tidak terlalu menguntungkan,disini tidak ada pertanian,atau sektor sejenis para penduduknya banyak yang menjadi pekerja sebagai penjual jasa,misalnya bekerja dihotel,pemandu wisata[guide],toko toko atau bekerja di kantor pemerintahan maupun swasta,dam bekerja di pelabuhan pelabuhan /bandara.

Katanya sebagian penduduk di negeri ini,lebih menginginkan ingin bergabung dengan Inggris,sehingga mereka nampaknya lebih suka menjadi bagian dari Inggris,sehingga mereka lebih banyak menggunakan ''Pound ''sebagai alat jual beli mereka sehari-hari ketimbang''pence'',secara geografis luas negeri ini sekitar 6 km,bahasa yang dipakai Inggris dan Spanyol,Agama penduduk Kristen dan Islam.

Saat penyebaran agama Islam ke Barat,selat Gibraltar adalah salah satu pintu masuk tentara Islam ini yang menyeberang dari Afrika Utara[Marokko],sehingga selat Gibraltar,masuk ke Spanyol dan berkuasa sekitar 400 tahun lamanya, dikalangan Timur tengah juga di sebut selat Jabal el Tarik,jadi tidak heran kalau penduduk Gibraltar juga banyak yang beragama Islam dan sebagian dari mereka berpostur Timur tengah.

Demikian sekilas dengan Gibraltar yang penuh dengan keunikan dan keindahan sangat cocok untuk sebuah tujuan wisata alam,dan semoga manfaat,salam !!.

Baca juga tentang : Guatemala di Amerika Tengah dulunya negeri suku Indian bangsa Maya !!
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger