DALAM EVALUASI COBA SESEKALI SISWA KITA MENILAI HASIL KERJANYA SENDIRI !

DALAM EVALUASI COBA SESEKALI SISWA KITA MENILAI HASIL KERJANYA SENDIRI !Selama ini hampir semua guru dan para pendidik ,didalam penilaian pekerjaan siswanya selalu hanya menggunakan system penilaian satu arah,atau hasil pekerjaan selalu dinilai oleh gurunya sendiri,sekarang mari kita coba dengan system dua arah sebelum pekerjaan di nilai guru,atau penilaian mandiri yang di lakukan oleh siswa itu sendiri.

Misalnya suatu saat kita mengadakan evaluasi harian kepada siswa kita,dan setelah mereka selesai mengerjakan tugas tersebut jangan di kumpulkan ,namun biarkan pekerjaan tersebut ditangan mereka masing masing.

Dengan menilai pekerjaan sendiri Siswa akan belajar jujur pada dirinya

Lalu selanjutnya Guru atau Dosen ,menuliskan jawabannya di papan tulis,kemudian semua siswa suruh menilai pekerjaannya masing masing,dengan mengacu kepada jawaban yang sudah dituliskan pada papan tulis dan biarkan mereka menilai pekerjaannya sendiri.

Mari kita latih mereka untuk menilai hasil pekerjaannya sendiri,upayakan secara rutin misalnya setiap minggu dua kali,atau misalnya dalam sebulan itu 4 kali latihan menjawab soal,sekali atau dua kali,upayakan mereka sendiri yang menilai pekerjaannya.
Beberapa manfaat yang akan di capai dalam teori ini adalah :
-Siswa akan belajar berlaku jujur dengan dirinya sendiri.
-Siswa akan tumbuh rasa percaya diri yang tinggi terhadap apa yang dikerjakannya.
-Siswa akan tumbuh rasa tanggung jawab dengan apa yang dikerjakannya.
-Siswa akan tumbuh rasa malu terhadap dirinya,apabila menyadari pekerjaannya banyak yang tidak benar.
-Siswa akan belajar menyadari kekurangannya sendiri terhadap bidang bidang tertentu  yang ia 
pelajari,dan ini akan menumbuhkan minat belajar secara perlaha-lahan.!! Baca juga tentang  : KEKURANGAN DAN KELEBIHAN SYSTEM MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN TELEVISI !

Itulah beberapa hal tentang manfaat apabila guru atau dosen /para pendidik,melakukan system penilaian mandiri ,silakan di coba sesekali dalam beberapa kali evaluasi yang dilaksanakan,dan jangan lupa setelah mereka menilai pekerjaan mereka,juga minta mereka menuliskan nilainya sendiri,yang sebelumnya anda jelaskan misalnya kalau soal jumlah 10,maka setiap butir soal bernilai 10,sehingga memudahkan mereka untuk menilai,misal salah 2 berarti ia dapat nilai 80,dan seterusnya,
Demikian dan semoga ada manfaatnya,untuk teman teman seprofesi,sekian salam !

Baca juga tentang   : sekilas-dengan-anak-hiperaktif-dan Hiperpasif !!

Cat  : setelah mereka menilai pekerjaannya sendiri,baru di kumpulkan pada guru nya,dan memang kita belum akan melihat hasilnya dalam jangka pendek,namun setelah beberapa kali melakukan penilaian mandiri ini ,maka kita mengetahui tentang manfaat nya...!!
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger