BENARKAH GURU SEBAGAI PENENTU MAJU MUNDURNYA MUTU PENDIDIKAN?

BENARKAH GURU SEBAGAI PENENTU MAJU MUNDURNYA MUTU PENDIDIKAN?-Kalau kita berbicara tentang mutu pendidikan tentu tidak hanya dapat di pandang dari satu sisi saja misal karena faktor KUALITAS guru yang masih dibawah standar,banyak hal sebenarnya yang saling terkait sehingga mendapatkan yang namanya kualiatas atau mutu pendidikan tersebut.
Guru itu boleh kita ibaratkan seorang ''Petani''yang lagi bertanam padi disawah,untuk mencapai hasil panen yang maksimal maka petani harus didukung oleh  antara lain   :

-Ilmu cara bertani yang cukup.
-Peralatan yang menunjang.
-Pupuk yang cukup ,untuk menunjang pertumbuhan.
-Lahan yang menunjang untuk dapat ditanami 
-Faktor alam[hama,dan bencana alam dll]

Apabila ke lima faktor  penunjang tadi dapat terpenuhi maka Inya Allah hasil panen para petani akan dapat menghasilkan panen yang maksimal,dan begitu pula dengan pendidikan ,tidak dapat hanya satu sisi saja yang di tingkatkan,kalau ingin meningkatkan mutu pendidikan tadi. !!  baca juga tentang : apakah-hakikat-belajar-mengajar tersebut !


-Gurunya sudah standar misalnya,namun,tidak ditunjang dengan multi media dan alat peraga yang cukup,juga akan sulit untuk mencapai hasil yang maksimal,sebaliknya juga begitu,kalau standar guru kurang[dibawah standar], maka sama juga ,sulit untuk mencapai hasil maksimal.!! Baca juga tentang : TUJUH HAKIKAT GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN YANG PERLU DI KETAHUI OLEH KITA !!

-Guru standart,multi media/alat peraga cukup,namun gedung sekolahnya payah mau roboh/kelasnya tidak cukup/bangku/mejanya kurang,juga sulit untuk mencapai standar mutu,dtambah lagi dengan misalnya dengan gaji[salary]guru yang masih pas pasan,hal ini cukup berpengaruh dengan kinerja guru,dan dampaknya si guru tidak dapat konsens pada pekerjaannya,endingnya juga pada mutu pendidikan,,kemudian juga yang dapat berpengaruh adalah faktor alam,,,misalnya semua sudah terpenuhi,,oleh pemerintah,namun tiba-tiba wilayah tersebut di terpa  banjir besar,gempa bumi ,atau tanah longsor,hal ini juga dapat berpengaruh pada daerah yang terkena musibah tersebut,dengan menurunnya mutu pendidikan. !! Baca juga tentang   : MENGAPA NEGARA INDUSTRI CENDERUNG LEBIH CEPAT MAJU DARIPADA NEGARA AGRARIS !!

Masih ingat dengan tragedi Tsunami di Aceh,perlu berapa tahun untuk meningkatkan kembali mutu pendidikan didaerah   tersebut ,saya memang tidak punya data data valid namun secara rasional ,saya fikir saat lumpuhnya semua roda kehidupan di sana,termasuk sekolah sekolah/guru guru dll[yang terkait dengan dunia pendidikan]luluh lantak maka akan berpengaruh dengan dunia/mutu pendidikan.
Itulah kira kira kalau kita berbicara dunia pendidikan dan mutu pendidikan,tidak dapat kita hanya meyalahkan satu fihak apabila mutu pendidikan di negeri kita ,seperti sekarang ini.
Demikian dan semoga ada manfaatnya,salam !
Baca juga tentang   : apakah-media-pembelajaran-melalui-radio masih di perlukan ?

Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger