AFEKTIF,KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK SISTEM PENILAIAN YANG MASIH RELEVAN !!

AFEKTIF,KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK SISTEM PENILAIAN YANG MASIH RELEVAN !!Bagi para Guru dan pendidik yang namanya 3 ranah dari S.Bloom sudah tidak asing lagi,yaitu ranah,Kognitif,Afektif dan Psikomotorik,wakaupun pendapat ini sudah cukup usang namun hingga sekarang masih sangat relevan untuk di terapkan,namun sayang banyak diantara kita [guru]kadang mengabaikannya padahal kalau di lakukan atau di pakai dalam setiap evaluasi hasilnya sangat memuaskan dan tingkat validasi value nya dapat di andalkan.
Didalam setiap evaluasi hendaknya Guru dan pendidik lainnya dapat mengacu pada ranah ranah tadi misalnya :
-RanahKognitif :Adalah segi kemampuan seorang siswa[atau siapapun]yang berkaitan dengan penegathuannya,dalam hal ini yang masuk dalam ranah Kognitif adalah:Penalaran,atau fikiran,dan menurut Bloom dibagi dengan 6 katagori yaitu,Pengetahuan,Pemahaman,Penerapan,Analisis,Sintesis, dan Evaluasi.

 Ranah Kognitif,Apektif dan Psikomotorik
-Ranah Afektif :Adalah segi kemampuan yang mengutamakan perasaan,emosi,dan reaksi reaksi yang berbeda dengan penalaran,dan dibagi dengan5 katagori,yang di bagi oleh''Krathwohl.cs,antara lain:Penerimaan,Partisipasi,Penilaian/penentuan sikap,Organisasi,dan pembentukan pola hidup.

-Ranah Psikomotorik  :Adalah sebuah kemampuan yang mengutamakan kemampuan/keterampilan  pisik[jasmani]menurut simposium ranah ini dibagi dalam 7 katagori antara lain :Persepsi,Kesiapan,Gerakan terbimbing,Gerakan terbiasa,Gerakan kompleks,Penyesuaian pola gerakan,dan Kreatifitas. Baca juga tentang  : mengenal-sekilas-tentang-kecerdasan Naturalis !!

Itulah 3 ranah dari Bloom yang sebenarnya kalau kita betul betul terapkan dalam pengajaran untuk evaluasi,akan berdampak positif terhadap anak didik kita,walaupun ini pendapat usang alias sudah cukup lama namun masih relevan !
Demikian dan semoga ada manfaat nya untuk kita sekalian.
Baca juga tentang   : BENARKAH GURU SEBAGAI PENENTU MAJU MUNDURNYA MUTU PENDIDIKAN?
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger