SEKILAS DENGAN RUSA KUTUB !!

SEKILAS DENGAN RUSA KUTUB !!Kalau kita mengenal hewan yang namanya Kijang,namun di belahan bumi utara juga banyak ditemukan sejenisnya,namun namanya''rusa kutub''[Karibu]disaat musim panas tiba biasanya banyak tumbuhan yang mulai bermunculan,dan ini adalah tempat yang di sukai oleh gerombolan rusa kutub tersebut,namun bila musim dingin tiba mereka kembali kehutan hutan yang masih tersisa untuk berlindung pada cuaca yang dingin tersebut.

Antara rusa kutub betina dan jantan hampir sama yang membedakan salah satunya adalah tanduknya yang lebih kecil dari jantan,selain untuk alat senjata bila di serang lawan,tanduk ternyata juga berfungsi untuk mencongkel salju ,untuk mencari makanan,karena dibawah salju salju tersebut masih ada sisa sisa rerumputan,lumut dll,yang dapat di makan di saat musim paceklik seperti musim dingin,tersebut.

Rusa Kutub[photo:objekwisataindonesia.com]
Rusa kutub sekarang sudah mulai berkurang populasinya karena diburu oleh manusia,sejak jaman prasejarah yang lampau,di Eropa utara dan Asia,sebagian rusa kutub sudah mulai di ternakan oleh manusia untuk mengimbangi populasi tadi,walau mungkin terlalu berpengaruh namun cukup untuk sekedar menjaga agar binatang jangan sampai punah.

Selain daging dan tanduk serta kulitnya ,juga banyak manfaat lainnya,inilah mungkin beberapa alasan mengapa hewan ini di buru,orang orang suku''Lapp''atau suku Sami,yang tinggal di daerah utara ''Skandinavia semenanjung,masih suka berburu hewan ini,mereka juga memanfaatkan susu dan daging rusa,kemudian kerajinan tulang-tulang rusa tersebut.

 Rusa kutub termasuk hewan mamalia yang cukup besar,dengan berat hingga 320 kg[dewasa]usia bertahan hidup hingga dari 5-20 tahun,panjang tubuh,2.2 meter,dan melahirkan 1 ekor setiap kali melahirkan bayi rusa kutub.dan dapat ditemukan dihutan hutan tundra Eropa utara,Asia,maupun Amerika bagian utara.
Nah itulash sekilas dengan si rusa Kutub,semoga manfaat,untuk kita sekalian!  Baca juga tentang : hewan-rakun-yang-pandai-berenang dan memanjat!!
Baca juga tentang   : apa-itu-hewan-gerbil ?
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger