SEKILAS DENGAN BANGSA HITITE YANG PERNAH JAYA DIMASA LAMPAU !!

SEKILAS DENGAN BANGSA HITITE YANG PERNAH JAYA DIMASA LAMPAU !!Orang Hitite termasuk bangsa yang punya peradaban tinggi,mereka mendiami sekitar wilayah''Anatolia''[sekarang menjadi negara Turki]bagian utara mennurut beberapa catatan kuno suku ini diperkirakan berpindah ke Anatolia sekitar tahun 1900 SM,berarti 19 abad sebelum kelahiran Nabi Isa.AS.

Dari beberapa sisa temuan arkeolog ,mereka juga sudah menggunakan tulisan''Hieroglifa''dan simbol simbol,dibeberapa catatan bangsa Mesir kuno mereka digambarkan dan juga dicatat dalam tulisan tulisan Mesir kuno tersebut.

Dalam ilmu perang mereka sudah lebih unggul dari bangsa bangsa lainnya,karena suku ini termasuk yang pertama tama mengenal besi dan dijadikan sebagai senjata dalam berperang,sehingga membuat kekuasaan mereka juga semakin meluas,hingga ke laut Hitam,laut Aegis,Suriah Selatan.
Semacam artefak tentang bangsa Hitite
Catatan lain tentang suku Hitite mengatakan bahwa ibukota kerajaan ini,adalah''Kushara''namun bukti bukti pisiknya belum ditemukan,dan sebelumnnya ibukota kerajaan mereka di kota''Hattush''dan sekarang kota ini disebut''Boghazkoy'',sekitar tahun 1650 SM.

Didalam kota tersebut terdapat istana raja,kuil kuil pemujaan ,dan keseluruhan kota dikelilingi oleh dinding dinding batu yang kuat,untuk perlindungan dari serangan musuh,dan juga dilengkapi dengan menara menara pengintai yang kuat dan tersembunyi.

Didalam Injil perjanjian lama menurut ahli sejarah juga ada menyebutkan nama bangsa Hitite ini,namun merujuk pada bangsa Hitite yang lebih muda,dan yang berpindah ke Suriah,kira kira sesudah tahun1200 SM,dan saat itu di penghujung peradaban mereka berachir.

Dan kejayaan bangsa Hitite benar benar berakhir   sekitar abad VIII,setelah diserbu oleh orang orang''Asyria'',itulah sekilas dengan bangsa yang pernah jaya di abad yang lampau,dan semoga ada manfaatnya walau hanya sekilas info.
Baca juga sejarah tentang   : asal-mulanya-permainan-pingpong-atau tenis meja !
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

2 komentar

Jadi, ini ada kaitannya dengan Turki ya Mas...?

Saya agak sering mengerenyitkan dahi ada apa di Turki sehingga pernah menjadi negara besar di dunia ini. Sekarang mulai terdengar lagi ketika membela Palestina.

Balas

benar sekali mas Komar karena Turki pada satu sisi masih berbau Eropa,dan satu sisi Arab,sehingga menjadi dilematis tersendiri...trims dah mampir

Balas

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger