SEKILAS DENGAN BANGSA BERBER DI AFRIKA UTARA !!

SEKILAS DENGAN BANGSA BERBER DI AFRIKA UTARA !!Sekilas dengan bangsa ''Berber''adalah bangsa atau suku asli yang mendiami daerah Afrika Utara,yang sekarang telah menjadi daerah negara negara,Marokko,Tunisia,Aljasair,dan Libya,mereka hidup di sepanjang pantai dan pegunungan di belakangnya.

Sekitar pada abad ke VII,datang pasukan Muslim Arab dan menguasai daerah daerah tersebut,pada awalnya memang terjadi perlawanan namun seiring dengan waktu ,ternyata kedatangan bangsa Arab bukan untuk menjajah,atau menguras isi perut bumi Afrika Utara tersebut lalu diangkut ke negerinya ,seperti yang dilakukan oleh bangsa bangsa lain,buktinya ''otentik''nya jelas ,bahwa negara negara Afrika Utara bukan dijajah oleh bangsa Arab namun bangsa Eropa hingga beberapa abad lamanya.

Pakaian tradisional wanita suku Berber[photo:www.pinterest.com]
Namun beberapa tahun kemudian bangsa Berber banyak yang menyatu dengan bangsa Arab dengan banyaknya perkawinan campur,sehingga tidak heran kini bangsa Arab juga punya nenek moyang dari bangsa Ber ber ini .

Sehingga di Afrika utara sendiri banyak yang menggunakan bahasa Arab dan tentunya memeluk agama Islam,yang telah dibawa oleh orang orang Arab saat itu,populasi mereka sekarang sekitar 7 juta jiwa yang menyebar di berbagai negara Afrika Utara,dan bahasa juga sebagian memakai bahasa mereka sendiri dan bahasa Arab sebagai bahasa umum mereka.

Suku Barber sendiri secara pisik memang agak berbeda dengan ras Negroid yang ada di bagian Afrika lainnya mereka lebih mengarah kepada pisik orang orang dari Tmur tengah,pakaian mereka juga lebih suka memakai semacam''surban''atau kafiyyeh[kopiah bahasa kita]dan memakai baju yang panjang seperti umumnya orang Arab,sementara suku atau bangsa Negro,juga dengan pakaian khasnya sendiri.

Sekarang suku Barber sudah cukup moderen juga,dan telah menyatu dengan bangsa bangsa lainnya sehingga ini cukup mengurangi perbedaan diantara mereka sesama bangsa di Afrika utara,itulah sekilas dengan bangsa Ber ber yang ada di Afrika utara,semoga ada manfaatnya !

Cat :Bangsa Ber ber di Afrika,tidak ada hubungannya dengan istilah yang sering kita dengar ''Bar Bar ''istilah ini timbul pada suku/bangsa Asia ,yang bertindak kejam di saat mereka berperang ,jadi ini hanya istilah saja sedangkan suku bangsa bar bar sendiri sebenarnya tidak ada.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger