MINSTREL GAYA NGAMEN ALA EROPA DI ABAD PERTENGAHAN !!

MINSTREL GAYA NGAMEN ALA EROPA DI ABAD PERTENGAHAN !!Mungkin kalau sekarang namanya adalah''ngamen''dari  rumah kerumah dengan bermodalkan alat musik seadanya juga dengan suara yang  pas pasan atau juga ada yang punya suara lebih bagus dari dari penyanyi yang muncul di layar televisi.

Di Eropa ternyata pekerjaan seperti ngamen ini sudah ada sekitar abad pertengahan namanya''Minstrel''misalnya penyair atau Minstrel dari bangsa Celtik dan bangsa Anglo saxon,mereka berkelana dari kampung ke kampung ,sambil bermain sulap,akrobat,bernyanyi atau melakukan pertunjukan tarian tariannya,dan minta sumbangan pada warga yang menontonnya.

Minstrel atau ngamen gaya Eropa [photo:dubrovnik-secrets.com]
Kemudian para Minstrel  pada abad berikutnya mulai berubah mereka hanya   bernyanyi saja dengan di iringi musik kecapi atau harpa dan seruling,namun tetap  dengan acara berkeliling dan berkelana dari desa ke desa,sambil mencari peruntungan sebagai rejeki mereka.

Lalu Minstrel pada jaman dahulu di Eropa selalu identik dengan orang orang miskin yang meminta-minta namun dengan menjual jasa terlebih dahulu,dengan cara menyanyi tadi,atau bermain musik dengan harapan ada yang bersedekah padanya untuk menyambung hidup mereka.

Setelah abad berikutnya jaman Minstrel dari orang orang yang penuh penderitaan ekonomi,hampir tidak terlihat lagi di Eropa,dan berganti dengan para Minstrel dari kalangan ''ningrat''dan orang orang kaya,ini sekitar abad ke XIII,misalnya saja penyanyi Prancis[Troubadour].ini dari kalangan kaum ''ningrat''istana istana di Prancis selalu ada serambi untuk para Minstrel ini,dimana mereka bernyanyi dan bermain musik,dan bukan untuk dibayar.

Kalau di negara kita tentu lebih mengenal istilah''ngamen''di jalan jalan raya,atau di terminal terminal sambil naik pada bis penumpang dll,dan sekarang sudah masuk kampung,di tempat kami terkadang hampir tiap hari ada tukang ngamen sambil bernyanyi di depan halaman rumah,sambil menadahkan ember untuk mengumpulkan sumbangan para penonton.

Itulah sekilas dengan istilah ''Minstrel''  ngamen ''ala''Eropa di abad pertengahan,dan mungkin saja budaya itu kalau di negera kita disebut dengan''Ngamen'',semoga manfaat untuk kita sekalian.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger