JEANNE D'ARC SRIKANDI PRANCIS YANG BERAKHIR DENGAN MENYEDIHKAN !!

JEANNE D'ARC SRIKANDI PRANCIS YANG BERAKHIR DENGAN MENYEDIHKAN !!Jeanne d'Arc,salah seorang srikandi bangsa Prancis dan dianggap orang suci bagi pemeluk kristen ia lahir di Domremy pada tahun1412 Prancis dan wafat pada tahun1431,saat berumur 18 tahun,ia adalah seorang putri petani yang hidup sederhana di di desa''Domremy''bersama ketiga saudaranya,para tetangga mengenalnya sebagai anak yang periang,sederhana,dan cerdas karena ia sudah pandai
membaca dan menulis saat itu,dan orang orang belum banyak mengerti baca tulis [di Prancis ia di juluki''La Pucelle''atau sang dara atau sang Perawan]

Dalam perang panjang antara Inggris dan Prancis selama 100 tahun,yang banyak membawa penderitaan bagi rakyat Prancis dan ini membuat hati Jeanne d'Arc sangat miris,apalagi melihat anak anak yang membuat ia sangat prihatin.

Saat itu pewaris kerajaan Prancis ''Charles de Dauphin,harus mengungsi akibat dari serbuan fihak Inggris yang dipimpin oleh Henry V,banyak pria Prancis yang ditawan dan dibunuh oleh tentara Inggris saat itu,dan achirnya beberapa santo di Prancis meminta kepada Jeanny,untuk ikut melawan kekuasaan Inggris,dengan menyaru sebagai lelaki,dan ia dsuruh berpakaian lelaki,agar lebih leluasa dalam berjuang.
Jeanne d'Arc [photo:pinterest.com]

Jeanne memang punya bakat alam rupanya ia sangat pemberani dan cerdas,dalam hal taktik dan strategy,sehingga membuat fihak Inggris menderita kekalahan dimana mana,padahal sebelumnya para pembesar istana ''mencibir''tentang kemampuan jeanny,namun raja telah memutuskan agar Jeanny,lah yang memimpin pasukan Prancis.

Kemampuan Jeanne memang diluar dugaan para Jendral Inggris,akibat menganggap ia hanya seorang perempuan,namun kena batunya,tak tanggung tanggung kota Orleans tempat bertahannya tentara Inggris,hanya dalam waktu seminggu di kepung oleh pasukan Jeanny,selesai dan dalam dua bulan dari diangkat sebagai komandan ,tentara Inggris mengakui kekalahannya. 

Dalam keadaan masih suasana peralihan,dan tentara tentara Inggris masih berkeliaran di Prancis,juga  fihak Prancis nampak nya agak lalai,sehingga srikandi ini dapat tertangkap oleh fihak Inggris atas persekutuan dengan seorang duke dari ''Burgundi''dan menyerahkannya pada fihak Inggris.

Namun ada juga yang berasumsi bahwa raja Charles yang tadi dibantunya mengusir Inggris mulai was was atas populernya gadis ini,sehingga saat ia dtangkap pihak Inggris,hampir tidak ada upaya dari raja Charles untuk membebaskannya.

Rupanya fihak Inggris kebingungan untuk menjatuhkan hukuman pada Jeanny,achirnya dibuat issu sentral yaitu Jeanne d'Arc adalah pengikut aliran sesat,dengan alasan ia selalu memakai pakaian pria,dimana saat itu adalah tabu,bagi wanita Eropa,rupanya isu ini cukup mujarab untuk menjatuhkan kredibilitas Jeanne dimata rakyat Prancis yang juga sangat anti dengan aliran sesat.

Setelah diadili selama 3 bulan,oleh fihak pengadilan Inggris ia dinyatakan bersalah,dan dihukum mati dengan''dibakar hidup hidup''pada bulan Mei 1431di Rouen Prancis,ia tewas dalam api tersebut sambil merangkul kayu salib,yang diberikan seorang prajurit Inggris, sesaat sebelum hukuman mati yang mengenaskan tersebut,dan usai pembakaran Jeanne.
 abu tubuhnya di taburkan di sungai,sambil berguman si Algojonya,,,''semangatnya tak pernah ikut terbakar''

Dan dua puluh lima tahun kemudian raja Prancis menyatakan Jeanne tidak bersalah,setelah itu kurang lebih 500 tahun kemudian Paus di Roma,mengangkatnya sebagai seorang Santa[orang suci].

Demikianlah sekilas perjalanan Jeanne d'Arc seorang srikandi Prancis yang berachir dengan tragedi menyedihkan,akibat dari penghianatan dan fitnah,sekian dan semoga ada manfaatnya!

Baca juga tentang  : SIAPA NAPOLEON BONAPARTE KAISAR PRANCIS YANG LEGENDARIS ITU ?
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger