HARIMAU SUMATRA YANG TERANCAM PUNAH !!

Salah satu jenis harimau yang hingga kini mampu bertahan adalah jenis   harimau Sumatra (Panthera tigris sumatrae)dalam bahasa Latinnya,namun jumlah populasinya  entah berapa ekor saja lagi ,belum ada kepastian,mengapa hewan ini diburu yang jelas karena hampir semua yang ada pada tubuh si harimau ini laku dijual dengan harga yang menggiurkan bagi para pemburu.

Kalau saudara saudaranya,harimau Jawa dan harimau Bali sudah lama dinyatakan ''punah''alias tinggal photo dan kenangan oleh para ilmuwan yang memang meneliti hewan hewan liar ini,andai ada yang mengatakan masih ada,bisa jadi mungkin saja ada,namun hingga sekarang belum ada yang mampu membuktikan secara pisik,[hanya kabar kabari].

Pada tahun 1972 hingga 1975 menurut penelitian saat itu masih ada sekitar kurang  lebih 1000 ekor harimau,dan dari tahun ketahun semakin drastis tingkat pupulasinya hingga 20 tahun kemudian dinyatakan hanya tinggal sekitar 400 ratus ekor saja lagi,beberapa diantaranya adalah akibat dari perburuan liar yang dilakukan oleh para pemburu,untuk lahan mata pencaharian mereka.

Harimau Sumatra[Panthera Tigris Sumatrae]
Pada tahun1998-1999,WWF Indonesia bekerjasama dengan beberapa LSM setempat,telah mengadakan penelitian kembali ,namun belum dapat memastikan jumlahnya,tetapi dalam tahun tersebut telah tercatat ada 66 ekor harimau sumatra yang terbunuh.

Ada sebuah catatan arsip menyatakan bahwa dalam kurun waktu dari tahun 1973-1993,sudah 3994 kg tulang harimau Sumatra yang di eksport ke negeri Taiwan,untuk keperluan obat-obatan dan tentunya ini dilakukan secara''ilegal''. 

Sumber dari WWF menyatakan  andai Indonesia gagal dalam menangani masalah serius ini,maka 10 tahun kedepan ,harimau Sumatra akan menyusul saudara saudaranya,harimau Jawa dan harimau Bali,yaitu punah dari muka bumi,[kalau toh ada mungkin hanya ada di kebun binatang saja lagi,itupaun kalau ada],kalau tidak ,kita cuma dapat melihat photo photonya saja lagi.
 Demikian dan semoga manfaat untuk kita sekalian.
 Baca juga tentang   : kalau-itu-si-vole-jangan-sebut-tikus !

 Baca juga tentang   : hewan-bison-yang-kini-hampir-punah !
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger