CARA MENAMBAL BAK MANDI YANG BOCOR PAKAI LEM DAN SEMEN !!

CARA MENAMBAL BAK MANDI YANG BOCOR PAKAI LEM DAN SEMEN !! Kalau sebelumnya kami telah membuat posting tentang cara menambal bak mandi yang bocor dengan memakai kopi bubuk ,tinggal di sebarkan pada permukaan bak tersebut,nah sekarang kalau memang ingin yang lebih memenuhi standart bangunan tentunya harus memakai material bangunan juga seperti semen .pasir dll.

Misalnya bak mandi kita bocor atau merembes ,tau tau air pada bak mandi berkurang sekian liter atau bahkan habis dalam 1 malam setelah diisi penuh pada sore hari,bagi yang ingin gerak badan atau sekedar cari keringat ,mengapa tidak !kalau bak mandi tersebut kita perbaiki sendiri,dan tidak terlalu menguras tenaga ,sekalian  nambah pengalaman menjadi tukang bangunan[itulah kerjaan saya,disela libur bekerja].

   I.Bahan bahan yang diperlukan  :
         - Semen putih , kalau tidak ada semen biasa juga tidak masalah,secukupnya sesuai dengan yang diperlukan .
       - Pasir secukupnya,kalau tidak ada juga tidak perlu pakai pasir,karena cuma untuk menutup bocor bak mandi[bukan mau bikin rumah ].
        - Lem sejenis castol,atau yang kalengan lebih murah merk apa saja,karena nanti lem ini cukup banyak digunakan.
       -Air  dan alat alat pengaduk,tidak usah beli kalau ada bekas kaleng plastik tinggal di bentuk jadilah alat pengaduk semen .
  II. Caranya     :
           - Bak yang ingin di tambal harus dalam posisi sudah kering,dan sudah ditandai hingga dimana batas air berhenti[bertahan]berarti dari batas itu ke atas kita melakukan penambalannya,dari segala sisinya,dan tentunya juga kita teliti darimana air merembesnya,jadi jangan semuanya di tambal.
           - Sebelum melakukan penambalan adonan semen sudah disiapkan ,sesekali diaduk aduk biar lebih mantap adonan semen tadi.
bak mandi[photo:properti.kompas.com]

            -Bersihkan dengan memakai kain kering bagian yang menjadi ''target''penambalan,lalu ambil kuas kecil ''lem''tadi kita oleskan pada target,,hingga merata,dan diamkan sejenak[jangan sampai kering]setelah itu adonan semen tadi tinggal kita tumpahkan pada target dan sekitarnya dan ratakan dengan sendok plastik ,dan sekiranya sudah rata dan rapi /tidak belepotan kesana kemari, maka proyek anda sudah selesai  !!.Baca juga tentang : Informasi kiat sederhana menangani bak mandi bocor pada pori pori semen !! 
 Kemudian tunggu hingga kering semen tadi,mungkin memerlukan waktu beberapa jam,dan sekiranya sudah kering dan mengeras,,bak sudah siap diisi dengan air,jangan langsung penuh isi setengah saja dulu,dan diamkan sejenak,,kalau sudah aman tidak ada rembesan,lanjutkan pengisian.

Demikian sekilas cara untuk menambal bak mandi,dengan semi standart bangunan,biasanya cara ini lebih tahan ,kalau menambal dengan kopi bubuk biasanya dapat dilakukan bila bocor pada sudut sudut bagian dasar bak saja,kalau keatas kurang efisien,karena bubuk  kopinya tidak dapat bertahan lama akan mengambang,namun kalau untuk bagian bawah.cukup lumayan tahan ! 
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

4 komentar

ahaa,,iya bener apalagi kl bak atau toilet/kamar mandi di kamar tidur,,trims dah mampir

Balas

Bak kamar mandi aku bocor lg bocor lg. Pdhl sm tuh caranya ky gt. Ada solusi lain?

Balas

Untuk bocor yg agak besar memang kurang cocok kl pakai bukuk kopi,,biasanya bak yg sering bocor bl dinding bak menyatu dgn dinding rumah.
Pengalaman kami mbak,,dimana dekat yg bocor tsb harus di kerik ulang,hingga bersih,,kemudian di nat kembali,,problem kita sama,namun stlh natnya di tambak kembali,,ini sdh 1 thn lbh gk bocor2 lagi.,pake semen biasa aja biarkan kering dulu hingga 3x24 jam...

Balas

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger