ASAL MULA ISTILAH PERKAWINAN,HONEYMOON DAN WEDDING !!

ASAL MULA  ISTILAH PERKAWINAN,HONEYMOON DAN WEDDING !!Pernikahan ternyata salah satu budaya paling tua yang dimiliki oleh umat manusia didunia ini,menurut sejarahnya ,katanya para ahli ''sosiology''dibagi menjadi tiga tahapan :

- Pernikahan dengan cara Penangkapan           : manusia Primitif akan mencuri atau menangkap wanita yang diinginkan sebagai pasangannya atau istrinya.
-Pernikahan dengan kontak antar kedua fihak : manusia pria membeli seorang wanita untuk dijadikan pasangan hidupnya atau istrinya.
-Pernikahan dengan saling cinta.                     : dimana kedua fihak saling kenal dan saling menyukai kemudian dilanjutkan kejenjang pernikahan/perkawinan.

Tetapi sisa sisa budaya pertama dan kedua pun ada dan dapat dilihat misalnya di negara Barat terkadang masih ada istilah''Giving the bride away''artinya menyerahkan mempelai wanita ,ini adalah peninggalan saat budaya perkawinan ,bahwa si pria harus membeli sang mempelai wanita .

Lalu adalagi dalam tradisi Barat istilah ''Best man''pria terbaik,dimana misalnya pria tersebut adalah seorang ''pendekar atau petarung yang pilih tanding,dan kemudian karena kehebatannya ia dikawinkan/mengawini sang mempelai wanita,di peradaban Timur juga dikenal budaya seperti hal tersebut diatas,dimana seorang pria tangguh[pendekar],dikawinkan dengan putri raja misalnya ,dan budaya buday
a ini tentunya mengacu pada budaya sebelumnya.
Mungkin dalam budaya manusia primitif dapat di padankan dengan seorang pria tangguh yang berhasil membawa kabur wanita idamannya,setelah melewati pertarungan demi pertarungan dan ''endingnya'', si wanita akan menjadi pasangannya/istrinya!. Baca juga tentang   : benarkah-benda-yang-kita-beli-itu-asli jangan jangan Palsu !

Asal mula sejarahnya istilah''Honeymoon''atau bulan madu kata orang jaman sekarang,dijaman dahulu [mungkin dijaman purba],apabila seorang pria berhasil membawa kabur mempelai wanita,setelah melalui rintangan rintangan berat,dan lalu bersembunyi pada suatu tempat,setelah sekian lama ,tidak ditemukan lalu,anggota keluarga si wanita  tidak lagi mencari,atau tidak menemukan dalam sekian waktu,[saat saat persembunyian inilah timbul istilah''Honey Moon''].

Asal mulai istilah''Wed''[wedding]secara etimology asal katanya ''wed''dalam bahasa kiasan bangsa ''Anglo Saxon]artinya adalah,Uang,Kuda,atau hewan ternak,dimana pada jaman itu barang barang tersebut adalah jaminan perkawinan seorang Pria pada keluarga/ atau orang tua mempelai wanita.

Wedding [photo:weddingku.com]

Nah itulah sekilas cerita asul usul perkawinan atau pernikahan orang-orang jaman purba ,menurut para ahli sosiology,mungkin hal ini jauh sebelum adanya aturan aturan agama dikenal oleh manusia,atau juga terjadi kekosongan ''kerasulan''sehingga manusia kembali pada jaman kegelapan lagi karena seperti kita ketahui,jarak antara rasul rasul ke rasul lainnya hingga ''ribuan''tahun.....demikian dan semoga manfaaat !
Baca juga tentang   : silsilah-kerajaan-kutaikartanegara !
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger