APAKAH DI HUTAN KALIMANTAN ADA HEWAN GAJAH ??

APAKAH DI HUTAN KALIMANTAN ADA HEWAN GAJAH ??Gajah adalah binatang jenis mamalia yang terbesar di dunia yang hidup di darat,kita mengenal gajah gajah Afrika,dan memang kebanyakan habitat si gajah ini ditemukan di benua hitam.lalu juga sebagia Asia kecil seperti India,Myanmar,Thailand,yang jelas Asia semenanjung juga ditemukan beberaapa habitat si gajah ini,termasuk di pulau Sumatra,walau mungkin populasinya sudah tidak banyak lagi.

Menurut para ahli gajah dapat dibagi dua,yaitu gajah Afrika dan gajah Asia yang masing masing ada ciri khas untuk membedakannya.

-Gajah Afrika :mempunyai punggung yang berlekuk[cekung],lalu kupingnya bulat dan lebar,dan tubuhnya lebih besar dari gajah Asia.gajah Afrika panjang kepalanya dan badan saja 6.0 m-7.5 m,dan tinggi 3m-4.m   berat yang dewasa hingga 7500 kg.[yang dewasa]

-Gajah Asia    :mempunyai punggung yang membulat,lalu pada atas keningnya ada gundukan yang menonjol,sedang gajah Afrika keningnya datar[membulat],telinganya seperti bentuk segitiga dan agak kecil dari telinga gajah Afrika.,kalau gajah Asia,panjang 5.5m-6.4m,dan tinggi 2.3m-3.0m berat hingga 5000 kg [yang dewasa].

 Gajah termasuk hewan berusia panjang rentang usia bertahan hidup 50-70 tahun,kemudian setiap kali melahirkan si betina cuma seekor ,dan hampir tak pernah kembar[namun kadang ada],si bayi gajah tetap menyusu pada induknya sampai umur 4 tahun,dan masa kehamilan si betina rata rata 22 bulan akan melahirkan !.subfillum vertabrata,kelas mamalia,ordo ,proboscidea.species dua.[Asia dan Afrika] .
Sekarang kalau dinegara kita gajah adanya di pulau Sumatra ,namun saya pernah terbaca sebuah cerita tentang di temukannya jejak jejak gajah di Kalimantan utama bagian utara,daerah Malaysia sekitar hutan hutan Serawak dan terkadang ada beberapa penduduk melihat gajag gajah ini,juga muncul di belantara wilayah Indonesia sekitar itu[namanya binatang tidak mengerti garis perbatasan],dulu saat masih jaman Inggris berkuasa di Kalimantan Utara,beberapa peneliti dari Inggris dan tim ekspedisinya menemukan juga jejak jejak hewan ini,serta beberapa kali melihat gerombolan gajah Kalimantan ini,namun populasinya sangat sedikit.
''Seekor Gajah Kalimantan terjebak di sebuah sungai ''

Kalau saya malah berfikiran,mungkin gajag gajah itu asalnya peliharaan orang orang tertentu dan kemudian lepas dan berkembang biak,jadi bukan gajah asli yang beranak pinak sejak jaman purba dulu,namun ini hanya pendapat saya pribadi saja !.
Nah demikianlah sekilas dengan hewan gajah yang menjadi hewan terbesar di dunia untuk di daratan,dan semoga manfaat untuk kita sekalian.

Cat: diatas ada gambar gajah Kalimantan yang sempat di jepret di tahun 2011 yang lalu,sumber hanya tertulis tim WWF.

-Ternyata di Kalimantan memang ada Gajah,menurut Dr.Encik Syaifuddin,namanya ''Gajah Pigmy''atau gajah ''mini''di tahun 2005-2006 telah diadakan workshop tentang penanganan gajah mini Kalimantan ini .[sekilas tambahan info]
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger