APA YANG DIMAKSUD DENGAN SAAT EKUINOKS PADA WAKTU DUNIA ?

APA YANG DIMAKSUD DENGAN SAAT EKUINOKS PADA WAKTU DUNIA ?Apa itu ''Equinoks''ini sebuah istilah dari pergantian hari yang artinya''malam yang sama''dan biasanya diberikan pada 2 hari khusus dalam perjalanan waktu selama satu tahun,dimana waktu saat itu diseluruh dunia mengalami kesamaan keadaan.

Ada dua hari dalam satu tahun itu dimana dunia mengalami keadaan malam dan siang ''bersamaan''saya baru mengetahuinya kalau hal ini dapat terjadi,apa penyebabnya  ?ternyata pada tanggal 21 Maret dan tanggal 23 September dalam setiap tahun kita mengalami hal sama di seluruh dunia,yaitu siang dan malam secara ''bersamaan''.

Biasanya kan terjadi perbedaan waktu,misalnya saat di Jakarta jam 15.oo[siang] maka kalau kita tanya orang orang di Arab Saudi katanya,sudah masuk waktu sholat''isya'',namun pada hari itu,semua perbedaan waktu tadi tidak ada.

Pada saat terjadi hari''Ekuanoks'' matahari diatas khatulistiwa maka matahari tepat berada diatas kepala kita,biasanya siang hari tidak sama lamanya dengan malam hari,melakukan perubahan sesuai dengan musim saat itu,disebut titik balik matahari antara tanggal 21 Juni dan tanggal 21 Desember.
Kadang disebut juga hari hari pertengahan antara musim panas dan musim dingin,menurut sejarahnya asal bahasa Ekuanoks ini asal kata dari bahasa Latin''aequus[sama]'' dan''Nox[malam]'' 

Demikian sekilas dengan arti istilah Ekuinoks,dan semoga manfaat untuk kita sekalian.

Cat : tanggal 21 Maret dinamakan equinoks musim semi,dan tanggal 23 September dinamakan equinoks musim gugur.
Baca juga tentang   : bagaimana-proses-terajadi-setetes-embun. !!
  
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger