APA ITU PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN MENURUT GURU BESAR JOHN DEWEY !!

APA ITU PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN MENURUT GURU BESAR JOHN DEWEY !! Sekilas dengan tokoh Paedagogik[pendidikan] dari Amerika Serikat yaitu ''John Dewey[1859-1952]''ia telah cukup banyak mewarnai pendidikan dan hingga sekarang banyak yang relevan dengan pendidikan moderen karena ia juga diangap salah satu bapak pendidikan moderen  di abad XX,walaupun pendapat pendapatnya banyak dipengaruhi oleh Paedagogis ''John Pestalozzi''.

John Dewey dilahirkan di kota ''Vermont ''Amerika Serikat,sebagai anak seorang pemilik toko,namun jiwanya lebih terpanggil untuk menjadi pendidik[guru],sehingga saat selesai sekolah di menengah atas ia langsung melanjutkan perkuliahan di tahun 1879,kemudian juga ia sambil berkuliah pada bidang ilmu filsafat ditahun 1882.

Ia memang gila dalam mengejar ilmu pengetahuan,tak berhenti sampai disitu dan ditahun 1884,ia dapat memproleh gelah ''Doctor'',tak lama setelah itu ia diangkat menjadi ''guru besar''atau Professor dalam bidang ilmu pendidikan dam pilsafat di Chicago,,ia memang mempunyai otak genius dibidangnya.
Ahli pendidikan Prof.John Dewey

Dari sini ia selalu mengadakan percobaan dan ekprimen ,dalam dunia pendidikan yang ia dapatkan dalam bangku perkuliahan dan juga pengalaman pengalamannya,ia juga mendirikan sekolah sekolah khusus untuk percobaan dan penelitian,dengan hasil hasil yang gemilang ,dan tidak sia sia ia kembali mendapat penghargaan dari sebagai'Professor Paedagogik''di kota New york'',pada tahun 1905.

Tidak Amerika saja saat itu yang mengakuinya namun juga dunia Internasional,ia sering diminta berbicara pada pertemuan pertemuan internasional tentang kemajuan dunia pendidikan,misalnya di China,Russia,Jepang dan Inggris.
Apa pendapat John Dewey tentang yang disebut pengetahuan :
karena ia seorang yang ''progmatist''artinya sebuah ilmu/pengetahuan itu harus diujikan terlebih dahulu,pada kehidupan seharai hari, betul atau salahkah pengetahuan tersebut !,ini mengacu pada pendapat ''William James''tokoh aliran pragmatis,dimana kita belajar dengan ''pengalaman''sehingga ada istilah populer dari William James''The truth,is in the making''[kebenaran itu terletak pada perbuatan],
Simpulannya menurut John Dewey bahwa manusia itu belajar dengan ''pengalamannya''dengan pengalaman akan membawa kita pada hal yang bermacam-macam,kemudian akan timbul beberapa peristiwa,atau kejadian,maka akan ada sebuah pengetahuan.

Itulah sekilas dengan John Dewey seorang ahli pendidikan yang terkenal dijamanya,dimana pendapatnya masih banyak dipakai hingga sekarang,demikian dan semoga manfaat untuk kita sekalian utama para insan pendidik Guru guru [Selamat hari Guru]...

Baca juga  tentang   : MENGAPA GURU HARUS MENJADI PAHLAWAN TANPA TANDA JASA !!
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger