APA ITU GARIS BUJUR DAN GARIS LINTANG !!

APA ITU GARIS BUJUR DAN GARIS LINTANG !!Mari mengingat kembali apa yang dimaksud dengan garis lintang dan garis bujur,pada waktu kita sekolah di SMP dulu tentu masih ingat dengan pelajaran yang namanya ''Geografi''jadi posting ini hanya sekedar ingin mengingat-ngingat saja,atau mungkin juga ada yang sudah lupa tak ada salahnya kita sama sama belajar kembali tentang hal ini.

Garis lintang dan Garis bujur,merupakan garis garis yang disebut garis''Imajiner''namanya dan dapat menunjukan kepada kita,letak suatu tempat,pada permukaan bumi.
Garis Lintang    :adalah sebuah garis yang menunjukan antara''Utara dan Selatan'',di khatulistiwa.
Pembagian garis ''maya''[Imaginer]garis Lintang dan garis Bujur
Garis bujur     :adalah garis yang menunjukan antara garis ''Timur dan Barat'',terhadap garis bujur tertentu,yang disebut GMT[Greenwich Meridian Time]atau disebut UTC[Universal Time Clock]atau garis bujur Greenwich,karena garis tersebut melalui /melewati ''Royal Observatory Greenwich yang ada di ''London''.

Ini tempat titik''O''di Kota Greenwich Inggris
Baik garis bujur atau garis Lintang di ukur dengan satuan''derajat''[0],dan dalam suatu lingkaran yang sempurna ada 360 derajat[0],sehingga garis bujurnya menyusur dari''0''hingga 180 derajat,arah Timur,dan semua garis bujur melintasi kutub Utara dan kutub Selatan.

Jadi simpulannya adalah,garis-garis lintang berparalel dengan garis Khatulistiwa,sedangan garis bujur akan bergerak antara kutub Selatan dan kutub Utara.

Sekilas tentang perhitungan waktu,dan tempat jaman dahulu sekitar tahun 1773 pemerintah kerajaan Inggris ,telah membayar sekitar 20.000 Poundsterling,kepada seorang pembuat jam dan tukan kayu terkenal jaman itu ''John Harisson''untuk membuat sebuah pencatat waktu yang akurat dan dapat dipercaya tingkat validitasnya dalam system pencatatan waktu,serta dibuat dari bahan bahan materi kayu yang kuat,yang dapat menghitung ''garis bujur'',dan konon kabarnya pelaut ulung dari Inggris ''Capt.James Cook''menggunakan alat pencatat waktu ini saat ia berlayar beberapa abad yang lampau.

Nah itulah sekilas tentang garis lintang dan garis bujur ,semoga ada manfaatnya bagi kita sekalian sekedar menambah khasanah pengetahuan umum kita,salam !
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger