SEKILAS DENGAN PENEMU HUKUM ARCHIMEDES !!



Archimedes
Lahir pada tanggal 287 sebelum Masehi (SM) di sisilia
Dia menguasai ilmu matematika dan seorang insinyur terbesar di jamanyunani kuno
Wafat pada tahun 212 (SM) dalam usianya sekitar 75 tahun, dibunuh oleh tentara romawi
 
Archimedes lahir di kota Syracuse tmpat tersebut tepatnya di sisilia, di saat pada waktu tersebu  diperintah oleh yunani. Dia anak seorang ahli astronomi dan sepanjang hidupnya belajar geometri banayk yang   memakai ide-idenya untuk mengembangkan tipe-tipe mesin baru. Salah satu yang terkenal adalah baling-baling Archimedes, untuk memompa kembali air, meskipun mesin ini telah ditemukan lebih dulu oleh orang mesir.

Archimedes
Banyak cerita tentang Archimedes dan,sekiranya pun sebagian cerita itu tidaklah sepenuhnya benar, toh masih dapat memberikan sekilas gambaran bagaimana tampang orang ini. Kita tahu bahwa dia adalah orang kaya dan teman baik raja syracause.

Dikisahkan bahwa pada suatu hari raja membertikan masalah yang benar-benar sulit. Raja ingin tahu bahwa apakah mahkotanya dibuat dari emas murni ataukah si pandai emas telah menipunya dengan mencampur mahkota itu dengan logam yang lebih murah. Archimedes tidak dapat memecahkan masalah ini sampai suatu hari, saat masuk ke bak mandinya, dia sadar bahwa paras air naik semakin tinggi seberat badannya masuk ke bak. Dia melompat keluar bak dan berlari telanjang ke jalan sambil berteriak, “Eureka! Eureka!” (“saya tahu! Saya tahu!”) Eksperimen dilakukanya pada mahkota. Dia dapat menghitung volume mahkota dengan naiknya paras air saat mahkota terendam di bak. Lalu diambilnya sepotong emas murni seberat mahkota dan merendamnya. Apakah emas itu menempati volume yang sama dengan mahkota? Apakah paras air naik sama tinggi? Tidak! Mahkota pasti tidak dibuat dari emas murni dan si pandai emaspun dipancung.

Dikisah yang berbeda berkisah tentang mesin-mesin perang hebat yang diciptakan oleh Archimedes untuk mempertahankan cyrecause dari serangan Romawi; Derek yang dipakai mencunjungkir-balikan kapal Romawi, cermin besar yang memfokuskan sinar matahari ke armada Romawi dan membakarnya. Syrcause akhirnya dikalahkan, tetapi jendral Romawi Marcellus memerintahkan agar 
Archimedes ditangkap hidup-hidup dan diperlakukan dengan hormat. Namun, Archimedes, yang sedang asyik menggambar suatu bentuk matematis di pasir, dibunuh oleh tentara Romawi. Marcellus memerintahkan penguburan khusus yang diatur sesuai dengan pesan Archimedes, yaitu yaitu pada di nisannya di gambar sebuah bola dalam tabung sehingga dia selalu di ingat dari karya agungnya dalam geometri. Demikian dan semoga bermanfaat bagi kita semua.
Baca juga tentang :Alkhemi adalah cikal bakal ilmu Kimia !!


Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger