SEKILAS DENGAN KARL MARK[1818-1883]



Karl Mark
Lahir pada tanggal 1818 di Trier.Jerman
Salah seorang bapak komunisme; ide-idenya membantu terbentuknya dunia modern.
Meninggal 1883 pada usia 64 tahun

Karl Marx lahir di Trier dan bersekolah menengah selama 5 tahun di sana, di mana dia bertemu dan jatuh cinta kepada Jenny, anak dari Baron von Wastphalen, seorang anggota dewan kota Trier. Sebagai mahasiswa di Universitas Bonn, Marx lebih tertarik kepada minum-minum dan menulis sajak daripada belajar. Ayahnya menjadi bagitu cemas sehingga memindahkannya ke Berlin pada 1836. Di sini Marx menemukan gagasan-gagasan yang mengubah hidupnya.

Karl Mark
Pada tahun 1843 Marx menjadi wartawan, menikahi jenny dan dia mulai berkelana keliling Eropa. Setelah tinggal sebentar di Paris, mereka pindah ke Brussel, tempat dia bertemu dengan Friedrich Engels. Mereka bersama merencanakan Liga Komunis dan pada 1849 menulis The communist manifesto. Pamflet ini berbunnyi bahwa rakyat pekerja harus merebut pemerintahan dunia dan menutupnya dengan kata: “para pekerja tidak akan kehilangan apa-apa, kecuali belenggunya. Mereka mempunyai dunia untuk dimenangkan. Pekerja sedunia, bersatulah!”

Ide seperti ini membuat Marx diusir dari Brussel dan kemudian ke prancis dan jerman. Pada 1849 dia lari bersama keluarganya ke Londen. Disana dia bekerja sebagai wartawan, namun menggunakan sebagian besar waktunnya, dengan bantuan Engels, mengembangkan ide-ide komunisnya.

Hal inilah yang membuatnya menjadi salah seorng pemimpin Himpunan Kaum Pekerja Internasional (“Internasional pertama”) pada 1864. Menjelang 1869 anggota himpunan itu 800.000 orang dan Marx mulai mencetak Volume I dari das capital (“Modal”), karya penting selama hidupnya. Setelah kematiannya, Engels menerbitkan Volume II dan III, memantapkan bahwa ide-ide revolusioner Marx menyebar ke seluruh dunia. Demikian  sekilas dengan Karl Mark,semoga manfaat sekedar untuk menambah pengetahuan kita,salam blogger.
Baca juga tentang info : Sekilas dengan penemu hukum Archimedes !!

Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger