SEBELUM DITEMUKAN ABJAD,MANUSIA HANYA MEMAKAI SYMBOL UNTUK MENULIS !!

PSEBELUM DITEMUKAN ABJAD,MANUSIA HANYA MEMAKAI SYMBOL UNTUK MENULIS !! iktogram katanya ahli sejarah adalah bentuk komunikasi,yang paling sebelum adanya bentuk tulisan,Piktogram sendiri adalah sebuah gambar benda yang mewakili benda tersebut,misalnya ada gambar ''ikan''berarti hal yang ingin disampaikan adalah tentang ikan,atau ada gambar matahari berarti yang disampaikan tentang matahari,dll.

Orang jaman dahulu sebelum mengenal tulisan kalau ingin mengingat sesuatu ,salah satunya lewat gambar tadi belum ada cara yang lain saat itu,atau kalau ingin menyampaikan sesuatu yang tidak mungkin pakai gambar,maka ia bercerita pada orang lain,lalu si orang lain ini secara beranting menyampaikan apa yang dimaksud ,dan begitu seterusnya.


Sebelum ada ABJAD  nenek moyang kita hanya pakai symbol[gambar]
Misalnya cerita tentang perang bangsa Yunani,iniyang turun temurun ,ini bisa saja terjadi saat seseorang mendengar cerita tersbut dan kemudian ia berceria lagi pada yang lain,dan achirnya cerita tersebut bersambung hingga turun temurun,setelah ditemukan bentuk tulisan,maka mulailah cerita tadi dituliskan.,sedangkan tulisan Cina dan Jepang disebut ''Ideogram''pengganti  tulisan tersebut,juga memakai simbol simbol tersendiri !

Bangsa Sumeria adalah pengembang tulisan awal[cikal bakal tulisan],bangsa ini berdiam di daerah''Mesopotamia''sekarang sekitar negara Irak,hasil temuan sejarah telah mencatat temuan temuan penting antara lain didapatnya tulisan tulisan yang bertulisan tahun[tarikh]3250SMbahasa itu ditemukan pada sebuah gulungan lempung,dan mereka menggunakan tanda tanda dalam bentuk ''baji''dalam lempengan terdapat semacamsymbol huruf yang dinamakan''kunei''dan huruf Kunei digunakan sekitar 3000 tahun lamanya.

Dari bentuk tulisan [symbol]tadi maka bangsa Mesir sekitar tahun31000 SM,mengembangkan bentuk tulisan yang agak lebih memadai,disebut''Hyeroglifika''namun kelemahan huruf ini tidak mampu mengembangkan atau menjelaskan apabila ada suatu hal lebih detail,karena masih berupa symbol symbolkemudian mereka menambahkan semacam lukisan lukisan pada bebatuan dalam menjelaskan lebih lanjut,dan sebagian pada daun''Papyrus''yang dicampur dengan bubur rumput laut.

Baru pada abad ke  XV abjad pertama yang lebih memadai dikembangan di Suriah,dan kemudian terus terus berlanjut hingga yang kita baca sekarang ini.
Demikian sekilas dengan perkembangan tulidan dan abjad semoga manfaat untuk kita sekalian
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger