JERMAN NEGARA PERTAMA YANG BERLAKUKAN ISTILAH PENSIUN !!

JERMAN NEGARA PERTAMA YANG BERLAKUKAN ISTILAH PENSIUN !!Semua orang yang bekerja baik swasta maupun pemerintah ,atau juga bekerja sendiri seperti membuka usaha,toko ,yang jelas semua orang yang bekerja untuk mencari nafkah,akan berachir bila sudah mencapai usia tertentu,jadi kata pensiun secara umum artinya bila sudah berhenti bekerja bila sudah mencapai usia tertentu,baik yang diinginkan secara pribadi atau memang ada sebuah peraturan yang sudah baku dalam usia tertentu seseorang harus pensiun [Pension].

Namun apabila pensiun itu masih menghasilkan suatu pemasukan maka dalam istilah nya disebut pemasukan''reguler''biasanya orang orang yang bekerja pada pemerintahan dan sebagian juga perusahaan perusahaan swasta nasional yang memberlakukan system penghasilan reguler ini.

Selain faktor usia,juga ada beberapa faktor lain,seperti pensiun karena sakit,cacad tubuh sebab kecelakaan,atau para tentara yang cacad sepulang dari tugas negara,atau ada pula yang minta secara sukarela untuk pensiun  dini,artinya seseorang pegawai yang sehat jasmani/rohani,dan dalam usia masih produktif lalu minta pensiun,juga dibolehkan selagi hal tersebut tidak melanggar undang undang masa kerja atau lamanya bekerja.

Pensiunan[photo:  www.tempo.co.id]
Kemudian ada pertanyaan,apakah para pensiunan tersebut''gratis''atau dapat uang cuma cuma dari pemerintah/lembaga/perusahaan tempat dimana mereka bekerja,jawabannya''tidak''uang pensiunan tersebut dibayarkan dari hasil tabungan mereka dan kemudian di asuransikan, saat mereka masih aktif bekerja,maka dari itu biasanya nominal besaran pensiun berbeda beda, biasanya bila semakin lama masa dinas aktif ,maka juga pangkat/golongan seseorang lebih tinggi,dan ini sangat berpengaruh pada besaran jumlah dana pensiun yang diterimanya,dan bila masa aktif seseorang tidak begitu lama,karena mungkin masuk menjadi Pegawai/staf/Karyawan sudah agak berumur,maka pensiun yang di terima akan lebih kecil dari yang yang lebih lama masa dinas aktifnya.

Namun juga beberapa negara aturan ini berbeda-beda misalnya kalau di Australia,para pegawai pemerintah/swasta dapat pensiun gratis,bila sudah mencapai usia tertentu,ada semacam penghargaan kepada orang orang yang berjasa pada lembaga/perusahaan dll.[walau tidak mengikuti program tabungan ,asuransi dll].
 Kapan awal pertamanya ada istilah''pensiun''terhadap para pegawai,menurut sejarahnya negara''Jerman''yang memulai pertama kali memberikan dana pensiun pada para pegawainya sekitar tahun 1889.yang lalu.dan hingga sekarang telah banyak di adopsi oleh negara lain termasuk negara kita.
Demikian sekilas dengan asal muasal tentang pensiun terhadap pegawai/karyawan.staf dll,dan semoga manfaat untuk kita sekalian !!. Baca juga tentang  : Abdi-negara-yang-sering-terlupakan !!
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger