APA ITU GARIS KONTUR PADA SEBUAH PETA !

APA ITU GARIS KONTUR PADA SEBUAH PETA !
Kalau melihat sebuah gambar peta globe misalnya,maka akan bertemu dengan istilah''Kontur''apa itu kontur adalah:sebuah garis khayal yang menunjukan sebuah ketinggian suatu tempat pada peta,garis tersebut akan menghubungkan semua titik yang punya ketinggian yang sama.

Contoh yang sederhana bila kita melihat pematang sawah,atau kebun teh,adapun sifat dari garis kontur tersebut selalu tertutup[loop],fungsi dari dari garis kontur biasa digunakan untuk mengukur ketinggian dan kedalaman pada lautan.

Lihat garis khayal tersebut
Juga dengan adanya garis kontur pada peta  maka kita dapat membayangkan keadaan suatu tempat,dengan pandangan tiga dimensi,perbedaan tersebut disebut dengan ''selang kontur''lalu selang kontur dapat dibagi sesuai dengan skala pada peta,misalnya Peta skala 1 :10.000,mempunyai selang kontur dengan panjang 5 meter.

Hampir semua peta wajah bumi,menggambarkan kontur,dengan menunjukanperubahan ketinggian permukaan tanah,juga wajah bumi berapa kemiringannya.nah itulah sekilas tentang pengertian garis kontur pada peta dan manfaatnya.Sekian dan semoga manfaat untuk kita sekalian.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger