SIAPA YANG MENEMUKAN RODA PERTAMA KALINYA ??



SIAPA YANG MENEMUKAN RODA PERTAMA KALINYA ?? Bila kita menyebut nama’’Roda’’yang terbayang adalah sebuah benda yang bentuknnya bulat atau bundar fungsinya bermacam macam,antara lain sebagai alat gelinding ,atau ban sehingga memudahkan pekerjaan kita.

Dari bentuk bulatan tersebut maka terciptalah yang disebut,roda hingga menjadi roda mobil,gerobak,pedati,ataupun alat alat lainnya,sekarang timbul pertanyaan siapa yang menemukan ‘’’roda’’ini yang pertama kalinya?

Tersebutlah sebuah bangsa yang mendiami sekitaran Timur tengah,sekarang ini yaitu bangsa’’Sumeria’’nah bangsa inilah yang pertama kalinya dalam kegiatan dan pekerjaannya memakai yang namanya’’roda’’untuk memudahkan segala pekerjaan mereka,roda roda yang mereka buatpun masih sangat sederhana,yaitu dari papan papan kayu kemudian di padatkan atau di jepit dengan kayu lainnya kemudian mereka lubangi tengahnya,untuk menempatkan kayu diantara dua rodanya.

Roda roda tersebut mereka gunakan awalnya untuk membajak sawah mereka,karena seperti diketahui,bangsa Sumeria sudah pandai bercocok tanam di jaman itu,dan selanjutnya mereka mulai membuat roda roda dengan bahan bahan yang lebih ringan dan kuat dan dapat digunakan untuk gerobak dll.

Menurut para ahli sejarah kuno,bangsa Sumeria ini telah menggunakan roda sebagai alat bantu sekitar tahun 35.00SM[sebelum masehi]setelah 300 tahun setelah penemuan tersebut roda dari bangsa Sumeria ini semakin berkembang,dan hingga keseluruh dunia itulah cikal bakal roda roda yang ada sekarang,dalam membantu pekerjaan manusia utama dalam hal transportasi seperti ,ban mobil,sepeda motor,gerobak,dll.

Demikian sekilas info dan semoga manfaat untuk kita sekalian,salam blogger!
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger