SEKILAS TENTANG KANAL DAN TERUSAN !!



SEKILAS TENTANG KANAL DAN TERUSAN !!Kapan manusia telah mengenal dalam membuat’’kanal’’atau terusan sebagai alat penghubung dan untuk memperpendek jarak tempuh,biasanya Kanal dibuat untuk menghubungkan antara sungai kesungai lainnya,jadi pada prinsipnya antara kanal dan terusan hampir sama.

Kalau kanal adalah sungai buatan untuk menghubungkan antara sungai lain kesungai yang lainnya sehingga menjadi semacam jalan ‘’tembus’’,dan kalau ‘’Terusan’’dibuat untuk menghubungkan laut ke laut yang lainnya,dan tentunya untuk mengurangi jarak tempuh misalnya saja “”terusan Suez’’di Mesir dibuat untuk menghubungkan antara laut Tengah dan laut Merah,kemudian terusan ‘’Panama’’dibuat untuk menghubungkan Lautan Pacifik dengan laut Caribia DAN lautan Atlantik untuk memperpendek jarak tempuh masuk benua Amerika,kalau tidak harus keliling ke selatan masuk lewat ujung negara''Argentina'' !! tentu sangat jauh sekali.

Ada beberapa kota didunia dibangun dengan system kanal sebagai transportasi misal sebuah kota di ‘’Italia’’yaitu kota ‘’Venice’’jadi tidak seperti kota kota yang ada memakai jalan sebagai transportasi [dengan system terusan sungai],kemudian kota ‘’Tenochitlan’’pada peradaban suku /bangsa Aztek sekitar 6000 tahun yang lampau dibangun dengan sangat indah .

Kanal di Venezia Italia [sumber photo:pixabay.com]
Jadi kalau menurut para ahli sejarah manusia telah mengenal yang namanya kanal sudah ribuan tahun yang lampau dibuktikan dengan temuan temuan kota  tua yang terpendam dan digali kembali untuk pembuktian sejarah tentunya!.

Alasannya sederhana mengapa mereka membangun kanal kanal sebagai alat penghubung transportasi yaitu menekan biaya dan perawatan,dan nampaknya ada benarnya juga ,sekali membuat kanal dapat dipakai selamanya tanpa ada perwatan yang mahal seperti ‘’jalanan’’karena saat itu belum ditemukan alat transportasi yang bermesin,paling paling gerobak yang ditarik kuda atau lembu dan tenting sangat lambat,dibanding pakai perahu.

Nah itulah sekilas tentang Kanal dan Terusan yang ternyata manusia telah mengenal dan memanfaatkannya sudah ribuan tahun yang lampau,konsep ini mungkin dapat dipakai kembali misalnya membangun kota wisata air,jadi dikota tersebut tidak jalan darat namun hanya kanal kanal yang menghubungkannya,sekian semoga manfaat!  Baca juga tentang hal terkait : Apakah-kata-waduk-berasal-dari-aquaduk. !!
Cat :Terusan Suez di Mesir dibangun sekitar : 25 April 1859 
        -Terusan Panama dibuka pertama kali pada tanggal, 15 August 1914.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger