ASAL TANANAM BUAH JERUK DARI MANA ??




ASAL TANANAM BUAH JERUK DARI MANA ??Asal buah jeruk darimana?para ahli tumbuhan/buahbuahan banyak meyakini kalau buahjeruk  berasal dari Asia utama daerah Melayu,mungkin saja juga berasal dari Nusantara dan kemudian menyebar ke pantai timur Afrika melalui India dan Asia barat dibawa oleh para pedagang dan kemudian menyebar lagi hingga ke daratan ‘’Mediterania’’.

Pada jaman ke emasan emperium Romawi,dan kerajaan ini melebarkan sayapnya ,maka tak ketinggalan juga bibit bibit buahan dari wilayah yang mereka kuasai juga diangkut,dan disebarkan di wilayahnya utama di Selatan,hingga ke Eropa barat,dan tidak ketinggalan dari para pedagang pedagang Arab dalam penyebaran Islam turut andil besar dalam menyebarkan bibit buah jeruk ini kemana-mana.


Pada saat’’Christopher Columbus’’melakukan pelayaran keliling dunia,dan terdampar di benua Amerika ia melewati daerah kepulauan’’Canary’’sempat mampir,dan menyebutkan kalau di Canary banyak terdapat pohon ‘’jeruk’’.

Jeruk masih dapat tumbuh di daerah yang bermusim sub tropis maupun tropis juga di daerah yang berhawa agak lembab untuk di benua Eropa jeruk kurang baik,namun masih dapat tumbuh dan berbuah tetapi tidak sesubur di daearah asalnya,akan tetapi beberapa jenis Jeruk yang sudah di silang dapat tumbuh dengan baik pada daerah daerah ‘’semi salju’’. 

Sekitar tahun 1880-1885 pertama kalinya Amerika mendapat kiriman buah jeruk dari bangsa Spanyol mereka membawa jeruk ke ‘’Florida’’kemudian NewYork dan Philedelphia,namun ditanam bukan di Amerika tetapi diluar ,sehingga pasaran jeruk saat sangat meningkat,karena di yakini Jeruk banyak mengandung vitamin C,yang sangat di perlukan tubuh manusia.

Demikian sekilas asal muasal dari tanaman buah jeruk,yang sekarang banyak terdapat dimana-mana didunia ini termasuk di negeri kita Nusantara,Ok,semoga manfaat dan salam blogger! Baca juga tentang  : Kapan-kira-kira-manusia-mengenal makanan yang dimasak !!

Baca juga tentang  : sekilas-asal-mula-cat-atau-pewarna !!
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger