BENARKAH IKAN IKAN DILAUT DALAM TIDAK PUNYA INDERA PENGLIHATAN !!



BENARKAH IKAN IKAN DILAUT DALAM TIDAK PUNYA INDERA PENGLIHATAN !!Kalau kita berbicara masalah ikan tentu semuanya kita hampir mengetahui kalau manfaat ikan untuk pertumbuhan dan kebutuhan zat protein sangatlah penting sekali dan salah satunya adalah sumbernya dari berbagai jenis ikan.

Nah beberapa jenis ikan ternyata hidup tanpa ‘’mata’’utama ikan ikan yang hidup dilautan dalam  yang cahaya hampir tidak mampu menembuh kedasar lautannya,sehingga ia bergerak dan berenang atau mencari makanan hanya melalui indera yang lain,dan malahan ada beberapa jenis ikan mampu menghasilkan cahaya sendiri jenis ikan’angler’’,misalnya!

Lalu lautan sendiri mempunyai karakteristik kedalaman sendiri ,dengan berbagai habitat yang berbeda sesuai dengan kedalamannya,misalnya zona’’eufotik’’adalah zona yang dalamnya dari nol hingga 200 meter kedalaman lautnya,dan sinar matahari sudah sulit sekali menembus kedalaman dibawahnya,namun beberapa jenis ikan masih dapat hidup akan tetapi  kebanyakan tanpa indra penglihatan alias buta.[walaupun ada namun tidak berfungsi ].

Kemudian adalagi yang disebut zona’’batipelagik’’ yaitu zona dengan kedalaman melebihi 200 meter kedalaman laut dimana sinar matahari sudah tidak mampu lagi menembusnya yang ada hanya gelap dan gelap,andaipun ada mata,tetap tidak mampu dimanfaatkan,karena tak ada cahaya sekalipun,namun ada beberapa mahluk laut yang hidup di zona ini,seperti kerang,cumi cumi dan ikan ikanan tanpa indera penglihatan tadi,sedangkan tumbuhan tak mampu hidup di zona ini.

Ikan di laut dalam
Lalu bagaimana mahluk laut dalam mendapatkan makanan?,mereka mendapatkan makanan dari sisa sisa sampah yang tenggelam kedasar samudera atau yang melayang antara dasar samudra dan zona batipelagik  tadi,dan mampu bertahan bahkan berkembang biak layaknya mahluk lainnya!

Demkian sekilas tentang bagian atau zona zona bawah laut dan hewan hewan yang berdiam di zona tersebut,semoga manfaat dan salam blogger!
Baca juga tentang   : penakut-namun-di-segani-lawan-itulah-si Landak !!


Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger