APA MAKNA TERPENTING SETELAH MELAKSANAKAN PUASA DI BULAN RAMADHAN?



APA MAKNA TERPENTING SETELAH MELAKSANAKAN PUASA DI BULAN RAMADHAN?Banyak diantara kita beranggapan bahwa 30 hari atau 1 bulan melaksanakan ibadah puasa dengan baik dan tuntas itu adalah sebuah kemenangan,padahal sebenarnya selama satu bulan kita melaksanakan puasa tersebut adalah sebuah’’training’’saja atau latihan kemampuan kita untuk menjaga 11 bulan berikutnya.

Setelah kita lolos dalam berpuasa 1 bulan dibulan Ramadhan,maka hasil dari latihan/training tersebut akan kita implementasikan pada kehidupan sehari-hari kita selama 11 bulan berikutnya,mampukah kita menjaga prilaku kita seperti saat kita di latih selama 1 bulan bulan Ramadhan tersebut.

Nah disinilah sebenarnya ujian sebenarnya,mampukah kita?,biasanya kita banyak yang gagal adalah menjaga di 11 bulan berikutnya,setelah Ramadhan usai,dan  malah diantara kita banyak beranggapan bila Ramadhan ‘’usai’’,maka usai pula prilaku yang positif di saat bulan bulan Ramadhan,yang mana telah kita lakoni selama bulan Ramadhan tersebut,dan kita sukses!.

Begitu Ramadhan usai,biasanya kita mulai lagi,cekcok dengan tetangga,berkelahi dengan sesama,melakukan tindakan amoral,dll,kalau hal ini tetap berlaku maka kita ‘’gagal dalam peng implemantasiannya,atau penerapan dalam kehidupan keseharian kita setelah kita dilatih/ditempa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan tersebut.

saat puasa kita mampu menahan nafsu
Kalau saya ibaratkan seorang Guru,yang ikut penataran PPKN, selama 1 bulan,dan selama satu bulan si Guru selalu tepat waktu,mengikuti jalannya penataran tersebut,dan setelah selesai si Guru tadi mendapat sertifikat’’A’’[sangat memuaskan],namun begitu si Guru kembali kesekolah/mengajar,prilakunya kembali ,turun jam 9.00.dan pulang jam 11.00,berarti si Guru sukses dalam mengikuti’’penataran’’PPKNnya,namun ia gagal dalam ‘’implementasi’’nya atau saat pelaksanaannya atau pengamalannya!.

Demikian sekedar corat coret orang pinggiran,semoga manfaat bagi kita sekalian terutama bagi diri kami sendiri dan salam blogger!
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger