SEKILAS METAFISIKA DALAM SUDUT PANDANG PILSAFAT!





  SEKILAS METAFISIKA DALAM SUDUT PANDANG PILSAFAT!Apa itu Metafisika?istilah Metafisika sering digunakan dalam bahasa Filsafat,bahkan seolah-olah dan bahkan Pilsafat terkadang sering di identikan dengan ‘’metafisika’’,sebenarnya metafisika bukanlah disiplin ilmu yang masuk dalam ranah ilmu Fisafat,secara utuh!.


Metafisika hanya kajian atau cabang filsafat yang membahas suatu yang berkenaan dengan hakikat realitas saja,konsentrasi filsafat didalam metafisika lebih diarahkan untuk menelaah atau mengkaji secara mendalam dan menyeluruh tentang sebuah’’hakikat’’yang ada dan yang dianggap ada.

Jika Filsafat membicarakan suatu yang yang kasat mata[dilihat oleh panca indra]dimana kebenarannya   ditentukan oleh unsure kebenaran itu sendiri dan pengujiannya secara empiris atau pengalaman keseharian,sedangkan Metafisika membicarakan tentang suatu hal yang tidak dapat dijangkau oleh indra ia terfokus pada sebuah esensi sesuatu,sehingga timbul sebuah pertanyaan:apakah sesuatu itu benar benar ada?atau dengan sebuah pertanyaan:Apakah hakikat sesuatu itu?.

Jika ada yang bertanya apa itu Metafisika?maka jawabannya:tentu akan mengarah pada bentuk pengetahuan yang riil dan yang ilusi antara pengetahuan yang esensi,subtansi dan empiris,sehingga terjadi sebuah penjelasan yang paripurna atau menyeluruh.

Kendatipun demikian sebenarnya tidak ada batasan batasan yang tegas antara pengalaman indrawi dan maupun dasar dasar realitas,sehingga dalam pemikiran alam filsafat ada yang beranggapan bahwa tidak ada pemikiran manusia yang tidak berdasarkan pengalaman,dan ada hubungannya dengan pengalaman empiris atau pengalaman keseharian manusia,sehingga terjadi sebuah pemikiran baru tentang sebuah pengalaman yang dialaminya,namun keduanya saling ada keterkaitan satu smaa lainnya.

Ilustrasi photo
Demikian sekian antara Metafisika dan filsafat serta hubungannya,semoga summary singkat ini bermanfaat bagi kita sekalian,salam blogger!



Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger