Zat Carbon sebagai pengukur usia umur fossil ??



Cara menentukan Umur fossil!kita mungkin bertanya-tanya bagaimana para ahli bisa menentukan sebuah benda purbakala atau sebuah fossil,atau benda lainnya yang diperkirakan berumur ribuan atau jutaan tahun yang lalu.

Salah satu bahan yang dapat di perkirakan mampu untuk mengukur hal ini adalah zat’’Carbon’’zat karbon terdiri dari partikel atom atom kecil,dan memecah sehingga memancarkan radio aktif namun karena sangat lemah sehingga tidak membahayakan.

Setiap mahluk hidup selalu memerlukan zat carbon yang segar dan akan dikeluarkan kembali berupa Co2[carbon dioksida],namun disaat kehidupan mereka telah mati,maka carbon tadi akan terperangkap didalam tubuh/tulang dan sebagian yang terperangkap ini adalah ‘’zat radio aktif’’,dari zat karbon radio aktif inilah para ahli mengukurnya ,semakin lemah maka semakin lama mahluk itu telah mati.

Dalam hal ini para ilmuwan menamakannya’’Carbon dating’’,atau cara menentukan umur suatu mahluk hidup yang telah mati dengan menggunakan carbon tadi,sehingga dapat di tentukan umur dari benda yang akan diteliti misal,fossil,tumbuhan,hewan,manusia dll.

Ini menurut ilmu pengetahuan, dan tingkat validitasnya memakai standart ilmiah ,saya hanya mengatakan,Wallahu alam !artinya ini hanya usaha manusia sedangkan kebenarannya yang hakiki tetap menjadi rahasia Ilahi.

Demikian semoga menjadi manfaat bagi kita sekalian!
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger