Sendi kebangsaan KITA makin RAPUH !!



Rapuhnya sendi kebangsaan kita!salah satu yang membuat rapuhnya sendi kebangsaan kita adalah  dari akibat banyaknya kumpulan atau organisasi yang bernuansa ‘’kesukuan’’ras ataupun etnik organisasi semacam ini kalau saya lihat lebih banyak mengarah kepada ‘’Show of Force’’.

Masing masing suku nampaknya banyak yang melupakan visi dan misi saat terbentuknya organisasi tersebut bukan untuk saling unjuk kekuatan antara sesama bangsa Indonesia,seperti  di beberapa daerah Kalimantan banyak suku dan ras yang berdiam di Kalimantan juga di Maluku membentuk kumpulan [organisasi]yang sepertinya banyak hanya menjadi’’Show of Force’’.

Jadi tidak heran di Kalimantan,Maluku dll hanya masalah’’anak anak kecil cekcok’’bisa berakibat perang suku atau SARA,karena akibat dari ‘’Show of Force’’tadi,sungguh menyedihkan,lalu si A berkelahi dengan si B,ujung ujungnya juga bisa perang SARA,itulah wajah Indonesia sekarang,aneh bukan !!.

Kilas balik ,seingat yang pernah kami baca di buku buku sejarah yang sering terjadi perang suku itu adalah di jaman Purba dimana saat itu ‘’hukum rimba’’adalah kiblat mereka dan hukum agama,etika dan moral belum menyentuh kehidupannya,jadi wajar saja terjadi.

Kalau dari sudut pandang para ahli ‘’sosiology’’katanya [bukan kata saya lho],semakin tinggi budaya suku/bangsa itu maka semakin tinggi pula adat-istiadat ,etika dan moralitas dan dalam menyelesaikan masalah mereka tidak selalu memakai sistem’’kekerasan’’,apalagi hanya masalah ‘’sepele’’di Kalimantan,Maluku dll, anak anak cekcok main kelerang saja,bisa terjadi perang [SARA],sekarang ini!.

Suatu saat waktu kami berangkat bekerja kebetulan melewati lapangan rumput disitu saya lihat puluhan ternak sapi sedang merumput dengan damai nya,padahal lahan tempat mereka mencari rumput hampir tidak sebanding dengan jumlah sapinya’’aneh’’tidak ada cekcok,perkelahian,apalagi sampai menghilangkan nyawa sapi yang lain,pagi berikutnya kami membaca Koran ada berita kriminalnya, ’seorang tukang parkir membunuh temannya karena berebut ‘’lahan parkir’’.

Ok mudahan dapat menjadi renungan kita,sehingga sendi sendi kebangsaan kita tetap kokoh dan tangguh lalu jangan terlalu cepat terpengaruh dengan isu SARA,bisa saja ini memang dihembuskan oleh fihak luar yang sengaja ,agar bangsa ini perlahan akan menjadi hancur !.

Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger