Matahari yang Sombong !!



Ini hanya sebuah cerita tamsil mengenai kesombongan dan kemampuan  seolah olah ia mampu melakukan segalanya karena kehebatannya!

                                                             MATAHARI DAN BULAN

Seperti kita ketahui bahwa matahari adalah sumber panas,sumber energy,sumber cahaya dll,bahkan beberapa suku/bangsa menyembahnya karena kehebatnnya matahari dianggap sebahagi Tuhan bagi mereka ,rupanya ini membuat si Matahari congkak,dan menjadi sombong. 

Matahari menganggap dirinya ialah yang paling hebat,paling perkasa,paling pandai,dan ia merendahkan semua keberadaan mahluk di sekilingnya ataupun tetangganya seperti,bumi,bulan dan planet lainnya di tata surya sana.

Bulan seperti kita ketahui menurut para ahli [astronom]ia hanya bercahaya karena pemberian dari pantulan cahaya si Matahari,dan si matahari selalu menghina keberadaan bulan,yang dianggap nya ber’’kasta’’rendah darinya,dengan congkaknya si matahari berkata’’akulah si raja cahaya di jagat raya’’

Tak berapa lama kemudian malam mulai menjelang,di beberapa wilayah didunia ini tetap terang karena masih disinari oleh matahari dan itu di sebut siang,namun di beberapa daerah yang gelap muncul bulan dan beberapa bintang,untuk memberikan cahaya .

Nah artinya matahari yang ‘’hebat’’sekalipun tidak mampu menyinari isi dunia sekaligus,lalu di relung gelap yang tak dijangkau matahari si bulan tampil membantu menyinari walau seadanya tidak seterang matahari namun tetap bermanfaat.

Tamsil cerita diatas menunjukan kalau kita tidak mampu melakukan segalanya ,dan tetap menghargai kehadiran orang lain dan semoga kita jangan menjadi congkak seperti si Matahari,ternyata saat malam menjelang ia tidak mampu menyinari dunia semua, dan perlu bantuan sang bulan.

Semoga cerita sederhana di atas menjadi manfaat bagi kita sekalian!
Baca juga tentang  : Syaidinna Ali Bin Abi Thalib.r.a berkata, berlaku JUJUR itu sulit !!  

Baca juga tentang  : beberapa-kata-indah-dan-romantik-dalam bahasa Inggris !! 
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger