Beberapa kekeliruan pendidik [GURU ]yang harus di perbaiki !!



Beberapa kekeliruan pendidik[Guru]yang akan berpengaruh negative terhadap peserta didiknya antara lain adalah sbb:

[1].Guru tidak sabar ingin mencapai hasil yang terbaik,justru berakibat negative terhadap peserta didik.

[2].Guru tidak memberikan tugas secara terarah dan terstruktur sehingga peserta didik kurang memahaminya,apa yang harus di lakukan dan dikerjakan.

[3].Guru tidak mentoleransi perbedaan cara belajar peserta didik[seharusnya guru tidak boleh memaksakan cara belajar agar menuruti seperti dirinya,biarkan peserta didik menemukan caranya sendiri yang penting mereka memahami/mengerti !

[4].Guru  kebanyakan berkomunikasi satu arah saja,sementara peserta didik hanya menjadi pendengar[baiknya kembangkan komunikasi dua arah yang aktif].

[5].Guru jarang memberikan test Essay dan mengarang [padahal ini sangat penting dalam pengembangan kreatifitas berfikir para peserta didik].

[6].Guru jarang memberikan umpan balik[feedback]kepada peserta didik[padahal ini salah satu test yang baik untuk mengukur daya serap peserta didik].

[7].Guru selalu ingin mengembangkan sikap dan cara instant dalam memperoleh hasil pengajaran sehingga banyak peserta didik yang ketinggalan materinya.

[8].Guru memposisikan peserta sebagai objek belajar[padahal yang baik dengan memposisikan diri sebagai sesama belajar].

[9].Guru mengambil sikap yang mudah dalam bekerja[dalam artian yang penting sudah mengajar]ini sebuah sikap yang keliru ,karena pendidikan bukan seperti beli barang dipasar namun harus ada evaluasi achir yang saling terkait 
.
[10]Guru sering merasa tersaingi bahkan tersinggung bila ada peserta didik bertanya diluar konteks atau ada peserta didik yang bertanya lebih luas dari yang ia jelaskan/ajarkan[sebaiknya bila ada 
peserta didik yang berpola fikir seperti hal tersebut diatas sebenarnya patut mendapat pujian!

[11]Guru jarang sekali melakukan praktek nyata terhadap pelajaran yang telah di sampaikannya sehingga peserta didik selalu dijejali  dengan ''teoritis''saja.

Demikianlah 11 kekeliruan pendidik[guru]yang harus kita hindari ,dan semoga menjadi manfaat bagi kita sekalian.
Baca juga tentang   : apa-itu-pendidikan-dan-pengetahuan menurut John Dewey
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger