Abraham Lincoln Si anak Miskin yang menjadi Presiden USA !



  1. Lincoln Anak miskin yang menjadi Presiden Amerika ! ia lahir diNolinCreek Kentucky Amerika Serikat,tahun 1809,siapa yang menyangka Abraham Lincoln kelak ia menjadi seorang Presiden USA yang terkenal ia terlahir dari keluarga yang sangat miskin,sehingga diceritakan dalam riwayatnya rumah keluarga Lincoln hanya terbuat dari bekas balok balok,karena sangat miskinnya ‘’Abe’’panggilan akrabnya nyaris tidak pernah bersekolah dan tidak bisa membeli buku bacaan seperti anak anak lainnya,achirnya Abe[Abraham Lincoln]hanya mampu mempunyai buku kitab Injil dan buku dengan judul’’Aesop’s Fabel’’kedua buku tersebut dibacanya berulang-ulang entah ratusan kali tamat.

Menurut cerita dari seorang sanak keluarganya si Abe ini sejak ia berusia 12 tahun selalu menyimpan buku di saku celananya’’LUAR BIASA”,karena ia sangat hobby membaca jadi tidak heran kalau ia sangat hafal dan mengusai hal hal yang menyangkut demokrasi dll.

Abraham Lincoln sangat prihatin dengan masalah pebudakan yang kian merajalela di Amerika saat itu dan ia menentang hal ini,sehingga dalam sebuah pidatonya saat ia terjun kedunia politik adalah’’Saya yakin pemerintahan ini tak akan pernah bisa bertahan dengan system setengah orang budak dan setengah orang bebas’’[1858]momentum inilah yang membawa ia ke puncak Presiden Amerika Serikat.

Abraham Lincoln
Setelah perang saudara usai[1861]Lincoln dikritik karena daerah Utara tidak secepatnya meraih kemenangan tetapi ia mencobanya dan menulis’’proklamasi Emansipasi’’pada 1 Januari 1863 untuk kemrdekaan semua budak di USA,namun orang orang Selatan tidak serta merta setuju hingga selesai peperangan.

Kemudian setelah pertempuran ‘’Gettysburg’’yang sangat dahsyat dan usai perang itu Lincoln membuka taman makam Pahlawan lalu dalam sambutan ia berkata’’perajurit telah berguguran maka,pemerintah Rakyat,oleh Rakyat dan Untuk Rakyat” tidak boleh lenyap dari muka bumi ini!

Kemudian baru orang Amerika menyadarinya betapa Lincoln sangat menjunjung tinggi semangat demokrasi dan Emansipasi,dan misi utamanya adalah untuk menyembuhkan luka akibat perang saudara tersebut,namun belum sempat terlakasanakan semuanya ia terbunuh oleh seorang pendukung fanatic wilayah selatan saat perang saudara yang baru usai, dan kemudian diketahui bernama’’John Wilkes Both’’tahun 1856 saat itu Lincoln berusia 56 tahun.

Amerika kehilangan tokoh penggagas kemerdekaan para budak dan seorang tokoh demokrasi yang besar,namun cita citanya tetap menggaung hingga kini di negeri adidaya tersebut !

Demikian sekilas dengan bapak demokrasi Amerika Abraham Lincoln,yang latar belakangnya bukan keluarga kaya tetapi keluarga yang sangat miskin sekali,namun dengan semangat dan cita citanya yang tak kenal padam mampu membawa ia pada kursi Presiden USA yang ke 16.,dan termasuk salah satu Presiden yang sangat di kagumi dan dihormati bahkan melebihi dari Presiden USA yang lain selain Bapak pendiri USA George Washington!. Baca juga tentang  : Sekilas dengan George Washington bapak Amerika Serikat!

Semoga riwayat singkat Abraham Lincoln ini ada manfaatnya untuk kita sekalian.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger