Tips untuk mengurangi resiko Kebakaran DAN Penyelamatan diri !!



 Tips sederhana pencegahan dan penyelamatan diri bila kebakaran!bahaya kebakaran sering terjadi dimana-mana,untuk itu kita harus hati hati dengan yang namanya ‘’api’’kecil jadi teman dan besar jadi lawan ,nah disini ada beberap tips  ringan untuk  sekedar mengurangi/mencegah terjadinya bahaya kebakaran.

PENCEGAHAN DAN BILA TERJADI KEBAKARAN.

1.Hati hati dengan peralatan listrik apabila tidak dipakai lepaskan kontak dari aliran listrik,atau matikan lampu yang tidak di gunakan,pastikan lampu lampu yang menyala cukup aman.
2.Bila meninggalkan rumah periksa dapur,[kompor kita],periksa lampu/bola lampu yang mati karena ini bisa menjadi sumber  hubungan arus pendek.

3.Jangan bermain main dekat benda yang mudah terbakar[bagi anak anak],atau melakukan aktivitas dekat dengan benda yang mudah terbakar.

4.Sedapatnya jangan menggunakan lilin /obat nyamuk bakar,karena hal ini bisa menjadi penyebab kebakaran di saat kita tidur bisa lilin akan meleleh dan jatuh ke lantai,atau obat nyamuk bakar yang jatuh kelantai bisa jadi tersenggol,kucing,tikus ,atau tertiup angin dll.[harus hati hati].

5.Bagi pengguna kompor gas elpiji ,periksa slang kompor gas secara berkala,bila ada tercium bau gas bocor secepatnya lepaskan  slang dari tabung gas dan tabung secepatnya di bawa keluar rumah [ruang terbuka].

6.Usahakan kalau bisa dirumah kita siapkan tabung obat api kecil untuk darurat ,atau kalau tidak ada bisa air yang dicampur dengan sabun/shampoo masukan dalam botol semprot  ,atau juga karung goni saat kebakaran kecil terjadi karung tinggal di rendam ke air dan tutupkan pada sumber api,atau kalau ada pasir dekat kita bisa  ditumpahkan pada sumber api ,bisa juga kalau ada lumpur becek ,yang penting media  tersebut bisa mengurangi udara di sekitar api,karena api bisa menyala disebabkan oleh gesekan udara yang ada di sekitarnya!

APABILA TERKURUNG DALAM KEBAKARAN.
1.Cari celah yang mudah kita hancurkan misal jendela kaca,dinding tipis,pintu yang tidak terlalu kuat untuk kita dobrak atau atap [yang penting posisi kita bisa dilihat orang lain /petugas yang akan menolong kita,gunakan alat sekitar misal ,kursi,meja,mesin tik,dll yang penting  mampu mendobrak,  untuk membuat celah keluar.[jangan panik ini salah satu kunci nya].

2.Jangan terfikir untuk sembunyi di dalam kamar mandi [toilet] ,karena bisa membuat kita terkurung dan akan berakibat fatal,kalau toh terfikir namun untuk mengambil air sebagai upaya untuk memperkecil api yang sedang berkobar,kalau misal jendela sudah terbuka sambil menunggu pertolongan benda benda yang mudah terbakar/meledak buang keluar jendela!.

3.Kalau ruang kita ada tirai cahaya [gorden dll]sejenis kain ambil secepatnya sambung jadikan tali karena bila dimungkinkan kita bisa gunakan untuk meluncur kebawah atau ketempat yang lebih rendah [bisa dilakukan dalam situasi ‘darurat’bila dirasa pertolongan belum datang/belum mampu mencapai titik area dimana kita berada [upaya ini bila sudah sangat darurat]

4.Bila kita sudah terkurung dalam asap dan mulai kesulitan bernafas secepatnya ambil kain atau masker kain celupkan di air, peras dulu dan pasang  diwajah ,ini akan membantu menyaring udara dan beberapa saat kita bisa bernafas lega bila airnya mulai kering celupkan lagi dan ulangi seperti tadi!.

5.Jangan sering berdiri di gumpalan asap usahakan posisi badan setengah merunduk,atau kalau sedang menunggu pertolongan datang saja lagi, lebih baik posisi setengah duduk,karena saat gumpalan asap sudah menyelimuti ruang satu satunya ruang aman kita harus berada dibawah asap,sifat asap yang ringan ia cepat naik ke permukaan mencari tempat tertinggi.

Ok nah itulah sekilas tentang kiat dalam mencegah /mengurangi resiko kebakaran dan kiat upaya penyelamatan diri bila terkurung dalam area yang terbakar.semoga manfaat bagi kita sekalian.
    
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger