Sekilas pendidikan pada jaman Purba!



Sekilas pendidikan pada jaman Purba!Pada jaman purba yang disebut pendidikan atau mendidik itu sebenarnya sudah ada ,namun hanya sebatas ruang lingkup keluarga ,mengapa hanya pada ruang lingkup keluarga saja karena pada jaman primitive ruang lingkup pemikiran mereka hanya pada sekitar kehidupan dirinya.

Pada jaman Purba yang menjadi unsur  pendidik adalah ayah ,si ayah akan menurunkan kepandaiannya baik secara teori maupun praktek kepada anak laki lakinya tentang beberapa hal  yang diajarkan adalah :Tatacara berburu,menangkap ikan ,memegang senjata [memanah,memakai tombak dll ].Lalu selanjutnya untuk unsure pendidik jaman purba adalah Ibu,si ibu mengajari anak wanitanya,cara memegang bayi/menyusui bayi,memasak,membersihkan rumah dll.untuk supaya kelak ia mampu berdiri sendiri/berkeluarga.!!  Baca juga tentang   : mengapa-negara-industri-cenderung-lebih cepat maju dari negara Agraris !

utama untuk bertahan hidup dan mencari nafkah ,untuk itu unsur

Tujuan pendidikan jaman purba pun berkisar di antara ,bagaimana cara melaksanakan adat istiadat mereka yang turun temurun,lalu menghormati yang lebih tua,sesepuh masyarakat /empu/kepala suku/kepala adat atau juga dukun serta pandai besi.

Guru atau pendidik dijaman purba itu bisa disebut Mpu,karena untuk menjadi seorang Mpu ia harus punya keahlian khusus misalnya, seorang pandai besi,ahli obat dan pedukunan,jadi kalau melihat ruang lingkup  pendidikan di jaman purba sangat sederhana sekali namun unsur budaya menghormati yang lebih tua atau orang dianggap punya kelebihan tertentu dimasa itu sudah ada,dari para Mpu inilah pendidikan di luar rumah mulai berkembang,sianak belajar membuat keris,tombak,parang dll dari mpu yang dianggap punya keahlian dibidangnya. Baca juga tentang :Cara belajar yang baik itu bagaimana !!

Nah dari cikal bakal inilah pendidikan berkembang dan berkembang hingga sekarang ,dengan berbagai macam kebutuhan bidang keilmuan,dan peran pengganti orangtua dijaman dulu digantikan dengan guru di luar rumah ,hingga di sebut’’Sekolah’’.

Baca juga tentang   : apa-itu-pendidikan-dan-pengetahuan menurut John Dewey !

Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger