Sekilas dengan Bob Marley pelopor music reggae!



Sekilas dengan Bob Marley pelopor music reggae!musik jenis reggae juga pernah membuat demam d negeri ini beberapa tahun silam,namun walaupun jenis music ini dianggap lewat tetapi masih banyak diantaranya yang menyukai nya.

Di negeri kita kadang di ubah menjadi music dangdut reggae[rege,oleh beberapa pemusik tanah air dan cukup   diminati masyarakat karena nuansa musiknya yang riang gembira,lalu si pelopor music reggae sendiri Bob Marley lahir di Rhoden Hall st Ann Jamaica 1945,ibunya seorang kulit hitam dan ayah seorang kulit putih,namun sayang si ayah minggat saat ibunya hamil mengandung si Bob,kemudian Bob seperti anak anak lain tumbuh remaja dengan segala kekurangannya,terutama factor ekonomi .

Namun hal tersebut tidak membuat menjadi rendah diri ,walau ia menjadi seorang yang sering merenungi nasib tetapi hasil renungan tersebut tertumpah menjadi tulisan yang kemudian menjadi inspirasi lagu lagunya dan berujung dengan terbangunnya sebuah nuansa music tersendiri yaitu musik‘’reggae’’dan hal inilah yang menjadikan Bob termasyhur ke penjuru dunia.

Pada tahun 1960 Bob telah bergabung dengan sebuah grup yang namanya ‘’Wailin’’atau Wailers ,maka bakat menulis lagu terasah disini,maka cikal bakal music reggae tercipta dan tanpa disangka-sangka alunan musik tersebut mulai disenangi banyak orang hingga keluar jamaika.

Nasib baik memang menghampiri dirinya tahun 1970 an  sebuah produser rekaman Inggris menawari kontrak dan achirnya Bob tak beberapa kemudian menjadi superstar dunia ,sebagai orang yang pernah mengenyam penderitaan dalam hidup membuat pribadinya sangat berprilaku humanis ,saat ia ditawari bergabung dengan aliran Rastafarian ,padahal dalam Rastafarian ada grup yang membesarkannya ‘’Wailer’’,akibat ia menolak ikut kekerasan,maka beberapa kelompok yang kecewa padanya ingin melakukan pembunuhan,namun gagal,ini terjadi sekitar tahun 1976.

Sayang karirnya sangat pendek dalam dunia music Rastafarian reggae ini,tahun 1977 kakinya terserang sakit kanker ganas yang cepat menyebar pada seluruh tubuhnya,dan upaya pengobatan pun telah dilakukan namun takdir berkata lain tahun 1981 ia  meninggal di usia yang masih tergolong muda ,36 tahun,dan di makamkan di ‘’Rhoden Hall’’  Amerika yang sekarang menjadi tempat Suci nasional.

Demikan sekilas dengan Bob Marley si pelopor music Reggae,yang pernah juga popular di negeri kita beberapa waktu yang lalu,semoga ada manfaatnya untuk pengetahuan umum kita sekalian. Baca juga selanjutnya  tentang : Pemain sepakbola legendaris PELE dari Brazil !
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger