Sekilas dengan Bangsa Sumeria!



Sekilas dengan Bangsa Sumeria!bangsa Sumeria terkenal dengan temuan temuan besar di jamannya,mereka telah membangun kota kotanya dengan indah sekitar tahun 3800SM,para arkeolog telah menggali di berapa tempat seperti di Ur,Uruk,Eridu dan lagash.
Bangsa Sumeria bermukim di daerah ‘’Mesopotamia’’tempat pertemuan sungai Tigris dan sungai Eufrat dan mereka adalah petani petani yang handal.

Dengan kemakmuran negeri mereka yang di aliri dua sungai tersebut sehingga para arsitek mereka bisa membangun istana istana atau bangunan yang megah,dalam hal ‘’spritual’’mereka menyembah para dewa,dan untuk penyembahan mereka membangun semacam pyramid yang mereka sebut’’ziggurat’’.

Ziggurat besar dibangun mereka di kota Ur,untuk menyembah dewa’’Nanna’’ atau si dewa bulan,dan kota kota terpenting saat itu ,pada tahun 1922-1934 seorang arkeolog bangsa Inggris Sir Leonard Wooley melakukan penggalian besar-besaran pada makam –makam kerajaan peninggalan mereka [bangsa Sumeria],dan menemukan banyak benda benda berharga terbuat dari emas dan perak dan berbagai macam permata.

Sekarang benda benda tersebut dapat dilihat pada museum British London,mengapa koq ada di London Inggris?? ,karena saat itu wilayah wilayah Timur tengah adalah jajahan kerajaan Inggris,sehingga banyak benda benda bersejarah di bawa ke sana oleh fihak kerajaan Inggris.

Demikian sekilas info tentang bangsa Sumeria yang kini hanya tinggal kenangan ,layaknya seperti suku bangsa Maya dan Inka di Amerika yang juga punah yang ada hanya puing puing peninggalan kemasyhuran mereka.Ok dan semoga manfaat untuk pengetahuan kita sekalian.  Mungkin ingin info yang lainnya silakan baca juga :Sejarah asal nama Jalan Tarmidi di Kota Samarinda !!
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger