Sekilas dengan bangsa Basque di Spanyol !



 Sekilas dengan bangsa Basque di Spanyol ! bangsa Basque walaupun tinggal atau bermukim di benua Eropa tepatnya Eropa barat diantara Spanyol dan Prancis,namun dari segi tatabahasa mereka sangat jauh sekali bedanya dengan bahasa penduduk Eropa pada umumnya.

Para ahli anthropology mungkin tidak begitu tertarik untuk meneliti asal muasal bangsa atau Suku Basque ini ,padahal populasi penduduk di Basque Spanyol ini sekitar 2 jutaan orang,yang menyebar antara Spanyol dan selatan Prancis.

Bangsa Basque terkenal dengan kepandaian menari main acrobat dan seni music,menurut penuturan [asal muasal] hingga kini tidak yang tau asal nenek moyang mereka.

Karena mungkin merasa ada semacam diskriminasi dari pemerintah Spanyol ,beberapa tokoh masyarkat Basque mendirikan sebuah organisasi yang di sebut ETA[singkatan dalam bahasa Basque] artinya Tanah Basque dan Kemerdekaan.

Basque Demarcations[Pays Basque]
Organisasi ini didirikan pada tahun 1959,dan bergerak secara separatis sehingga sebagian gerakan ini dianggap Terroris oleh pemerintahan Spanyol karena dalam kegiatan perjuangannya terkadang melakukan hal hal yang bertentangan dengan prinsip perdamaian.

Dan banyak para pejabat pejabat maupun Tentara Spanyol yang menjadi korban kekerasan dari organisasi Basque ini .

Demikian sekilas informasi mengenai bangsa Basque yang mendiami sekitar wilayah Spanyol dan selatan Prancis,semoga manfaat untuk kita sekalian.  Baca juga tentang   : beberapa-jenis-suku-dayak-yang-mendiami Kalimantan Timur!
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger