SEJARAH MAKANAN KALENG DAN TIPS MENGAWETKAN MAKANAN !



Asal mula makanan dan minumankaleng !kita mungkin bertanya Tanya kapan yaa?pertama kali minuman/makanankaleng ditemukan ,maksudnya cara pengawetannya juga!selama ribuan tahun yanglalu manusia katanya telah memikirkan hal ini.

Nah menurut sejarah hak patendari pengawetan dalam kaleng ini pertama tama adalah di Inggris sekitar tahun1810 seorang yang bernama ‘’Peter Durand’’terkagum-kagum dengan kemasan teh darikertas buatan Amerika yang disebut’’TinCan’’,atau Canning sedangkan lidahInggris menyebutnya ‘’Tinning’’,achirnya si Peter mencoba membuat tempatmakanan dari kaleng dan inilah hak paten pertama seseorang mendapat pengakuanhasil makanan dalam kaleng.

Lalu untuk kemasan kaleng dalambentuk makanan [ikan],atau ikan kaleng mungkin sejenis ‘’ikan Sarden’’sekarang,pertama kali dibuat di Amerika oleh ‘’Ezra Dagget’’dari kota NewYork pada tahun1819 selanjutnya menyusul sekitar tahun 1935,Heinz&Company ,memasukanmasakan saos tomat kedalam kemasan kaleng dan memproduksi nya secarabesar-besaran di kota Richmond Victoria.

Saat itu proses pengalenganmakanan di awali dengan pemanasan tujuannya untuk membunuh bakteri dan jamuryang ikut dalam dalam proses pengalengan makanam dan minuman dan hinggaachirnya sampai sekarang ,dimana ikan,sayuran dll sudah banyak yang memakai systemkaleng ini hingga cukup bertahan dalam waktu yang lebih lama.

Tips sederhana dalam mengawetkanmakanan,buah buahan dari ,Nicholas Appert seorang juru masak Prancis yangterkenal,caranya adalah:Ambil botol botol[bisa diganti dengan pakai alat lainnamun cara prosesnya sama], yang mulut besar[lubang atasnya],lalu masukan makananatau buah-buahan yang ingin di awetkan ,kemudian lubang botol tutup kembalirapat rapat dan botol yang berisi makanan/buah buahan tadi di rebus hinggamendidih dalam panci tertutup,setelah mendidih dinginkan ,maka makanan /buah-buahan/sayuran akan bertahan cukup lama ,’’tanpa perlupengawet kimia’’.
Ok semoga bermanfaat untuk kitasekalian. Mungkin kawan kawan perlu info lainnya silakan baca juga : Sejarah singkat teka teki silang[TTS]

Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger